PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @MLDSPOT SEBAGAI SARANA MEDIA INFORMASI GAYA HIDUP KOMUNITAS MLDSQUAD

GINTING, ALLYSA LAVENI (2020) PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @MLDSPOT SEBAGAI SARANA MEDIA INFORMASI GAYA HIDUP KOMUNITAS MLDSQUAD. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
8. Daftar Lampiran.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9.1 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
9.2 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (BAB III)
9.3 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
9.4 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9.5 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Entering the digital era, audiences have a variety of platform in finding information. Humans as audiences demand that the media provied information updates that are fast but easily accessible. This is what requires the media to also follow technological developments so as not to be left behind or run by the public. Millennials are audiences that rely on digital technology and social media to meet information needs. Instagram as new media is a social media that is popular among millennials. This is used by MLDSPOT to build Instagram social media by providing information that focuses on lifestyle. The purpose of this research is to find out how Instagram MLDSPOT social media is used as an MLDSQUAD Community lifestyle information media in fulfilling information needs. This study uses the four-step concept by Cutlip, Center & Broom: fact finding, planning, communicating, evaluating and the uses and gratifications theory. The research method used was descriptive qualitative with data collection techniques through interviews as primary data and observation as secondary data. Checking the validity of the data is done using triangulation technique. The results of the study show the use of Instagram social media @ MLDSPOT through a stage. Through the fact finding stages obtained by the target audience and information needs of the public lifestyle, in the stages of planning obtained strategies in the delivery of information, in the stages of communicating applied persuasive and educative approaches, and finally evaluating is a process where the MLDSPOT measures the success of information delivery. Keywords: Instagram, New Media, Four-Step Concept, Theory Uses & Gratifications Memasuki era digital menjadikan khalayak memiliki berbagai macam pilihan platform dalam mencari informasi. Manusia sebagai khalayak menuntut media menyajikan update informasi yang cepat namun mudah diakses. Hal inilah yang mengharuskan media juga mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal atau ditinggalankan khalayak. Generasi milenial merupakan khalayak yang mengandalkan teknologi digital dan media sosial untuk memenuhi kebutuhan akan informasi. Instagram sebagai new media merupakan media sosial yang sedang populer dalam kalangan generasi milenial. Hal tersebut dimanfaatkan oleh MLDSPOT untuk membangun media sosial Instagram dengan menyajikan informasi yang berfokus terhadap gaya hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media sosial Instagram MLDSPOT digunakan sebagai media informasi gaya hidup Komunitas MLDSQUAD dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini menggunakan konsep four-step oleh Cutlip, Center & Broom: fact finding, planning, communicating, evaluating serta teori uses and gratifications. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara sebagai data primer dan observasi sebagai data sekunder. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan penggunaan sosial media Instagram @MLDSPOT melalui sebuah tahapan. Melalui tahapan fact finding diperoleh target khalayak serta kebutuhan informasi gaya hidup khalayak, dalam tahapan planning diperoleh strategi dalam penyampaian informasi, dalam tahapan communicating diterapkan pendekatan persuasif dan edukatif, dan terakhir evaluating merupakan proses dimana MLDSPOT mengukur kesuksesan penyampaian informasi. Kata kunci : Instagram, New Media, Konsep Four-Step, Teori Uses & Gratifications

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44214120043
Uncontrolled Keywords: Instagram, New Media, Konsep Four-Step, Teori Uses & Gratifications
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:48
Last Modified: 13 Feb 2020 04:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54079

Actions (login required)

View Item View Item