ZEFANYA, VARIAN ONDILOUSTEN (2021) ANALISA STAGNASI UNTUK MENURUNKAN WAKTU TUNGGU DALAM PROSES SERVIS RINGAN DENGAN METODE PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACTION) STUDI KASUS BENGKEL AUTO2000 TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.Cover.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
2.Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text (BAB II)
3.Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text (BAB III)
4.bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
Text (BAB IV)
5.bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
||
Text (BAB V)
6.bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
||
Text (BAB VI)
7.bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9.Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
Abstract
Auto2000 is an automotive company engaged in the sales and maintenance of Toyota vehicles that always strives to always improve service excellence quickly and precisely. With various facilities in accordance with existing standards, it is hoped that it can meet customer satisfaction. However, in fact this still does not meet the lead time target set by the company in the form of KPI. After analysis, the light service process has a lead time and the cause is the high waiting time for the light service process. The PDCA (Plan, Do, Check, Action) method is one of the alternatives used by using Pareto diagrams and cause and effect diagrams to find the root cause of the problem. From the data and analysis collected, it was found several factors that caused the delay, which then the authors identified using a cause-and-effect diagram. Based on this analysis, the light servicing stages that give a high lead time effect are caused by 4 factors, namely human factors, machines, methods and environmental factors. After the repairs were made, the lead time for the service process, which was previously 1 hour 58 minutes, decreased to 1 hour 23 minutes with a 30% decrease in percentage caused by improvements made to reduce the total lead time for minor servicing. Keywords : Lead Time, Minor Servicing, Auto2000, PDCA Auto2000 merupakan perusahaan otomotif yang bergerak dalam bisinis penjualan dan perawatan kendaraaan Toyota yang selalu berusaha untuk selalu meningkatkan keunggulan layanan dengan cepat dan tepat. Dengan berbagai fasilitas sesuai dengan standar yang ada, di harapakan dapat memenuhi kepuasan pelanggan.Namun nyatanya hal tersebut masih belum dapat memenuhi target lead time yang telah ditentukan perusahaan dalam bentuk KPI. Setelah dianalisa pada proses servis ringan memiliki lead time dan penyebabnya adalah tingginya waktu tunggu pada proses servis ringan. Metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) menjadi salah satu alternatif yang digunakan dengan menggunakan diagram pareto dan diagram sebab akibat untuk mencari akar penyebab masalah. Dari data dan analisa yang dikumpulkan menemukan beberapa faktor penyebab terjadinya keterlambatan tersebut, yang selanjutnya penulis identifikasi menggunakan diagram sebab-akibat. Berdasarkan analisa tersebut tahapan servis ringan yang memberikan efek lead time tinggi disebabkan oleh 4 faktor yaitu faktor manusia, mesin, metode dan faktor lingkungan. Setelah dilakukan perbaikan maka lead time proses servis yang sebelumnya 1 jam 58 menit turun menjadi 1 jam 23 menit dengan persentase penurunan 30% yang di sebabkan oleh perbaikan yang dilakukan untuk menurunkan lead time total servis ringan. Kata Kunci : Lead Time, Servis Ringan, Auto2000, PDCA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 41615120094 |
Uncontrolled Keywords: | Lead Time, Servis Ringan, Auto2000, PDCA |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 322 Relation of The State of Organized Groups/Hubungan Negara dengan Kelompok Sosial yang Terorganisir > 322.3 Business and Industry/Bisnis dan Industri 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri > 338.3 Other Extractive Industries/Ekonomi Industri Lainnya 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri > 338.4 Secondary Industries and Services/Industri dan Jasa Sekunder |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 03:16 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 03:16 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53908 |
Actions (login required)
View Item |