NURRIZKY, FEBRIAN EKA (2020) ANALISIS PENGENDALIAN RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PEKERJAAN PIER HEAD MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND DETERMINING CONTROL (HIRADC) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota DKI Jakarta Tahap IB Seksi A). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover Judul.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR RUMUS)
9. Daftar Rumus.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
Abstract
This study discusses the analysis of occupational safety and health (K3) risk control on the pier head work in the construction of 6 toll roads in the DKI Jakarta city phase IB section A using the HIRADC method. In the project, there were 25 accident cases that were classified as minor injuries with first aid treatment & 10 accident cases classified as moderate with outpatient treatment. Therefore, it is necessary to have an analysis of occupational safety and health (OSH) risk control in order to minimize the occurrence of work accidents. Data collection techniques using questionnaires and interviews in the study sample, namely workers in zone 1 in the construction of 6 toll roads in the city of DKI Jakarta in the IB stage section A. After data collection is obtained, an analysis of occupational safety and health (OSH) risk control is carried out using Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) methods. In the results of this study it was found that the risk classification on pier head work included moderate risk classification with a risk index value of 9, with Occupational Safety and Health (OSH) factors that could cause occupational accidents, namely human factors or human error, environmental factors, tool factors and material and risk control efforts by means of technical control, administrative control and the use of personal protective equipment. With the risk control effort, it is expected to minimize the number of work accidents in the project. Keywords: K3, HIRADC, Construction, Pier Head, Toll Road Penelitian ini membahas mengenai analisis pengendalian risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada pekerjaan pier head di proyek pembangunan 6 ruas jalan tol dalam kota DKI Jakarta tahap IB seksi A dengan menggunakan metode HIRADC. Pada proyek tersebut tercatat sudah terjadi 25 kasus kecelakaan yang tergolong cedera ringan dengan penanganan pengobatan P3K & 10 kasus kecelakaan yang tergolong cedera sedang dengan penanganan rawat jalan. Maka dari itu perlu adanya analisis pengendalian risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara pada sampel penelitian, yaitu para pekerja di zona 1 di proyek pembangunan 6 ruas jalan tol dalam kota DKI Jakarta tahap IB seksi A. Setelah pengumpulan data didapat, dilakukan analisis pengendalian risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment and Determining Control (HIRADC). Pada hasil penelitian ini didapatkan klasifikasi risiko pada pekerjaan pier head termasuk klasifikasi risiko sedang dengan nilai indeks risiko 9, dengan faktor Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja, yaitu faktor manusia atau human error, faktor lingkungan, faktor alat dan material serta upaya pengendalian risiko dengan cara pengendalian teknis, pengendalian administratif dan penggunaan alat pelindung diri. Dengan adanya upaya pengendalian risiko, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya angka kecelakaan kerja pada proyek tersebut. Kata Kunci: K3, HIRADC, Konstruksi, Pier Head, Jalan Tol
Actions (login required)
View Item |