INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN TVC RAMAYANA VERSI RAMADHAN 2018 KERENLAHIRBATIN (Analisis Resepsi Iklan TVC Ramayana Versi Ramadhan 2018 #KerenLahirBatin)

APRIANI, MELISA (2019) INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN TVC RAMAYANA VERSI RAMADHAN 2018 KERENLAHIRBATIN (Analisis Resepsi Iklan TVC Ramayana Versi Ramadhan 2018 #KerenLahirBatin). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)

Abstract

Salah satu bentuk pemasaran yang memiliki peran penting dalam program pemasaran adalah iklan. Dalam perkembangannya, saat ini iklan dikemas dengan sekreatif mungkin. Hal ini disebabkan oleh persaingan di dunia periklanan yang berkembang sangat pesat dan ketat sekali, sehingga menuntut para produsen dan biro iklan untuk dapat membuat iklan yang mampu menciptakan ide-ide kreatif guna membuat terobosan-terobosan baru dalam mengembangkan konsep-konsep iklan yang menarik. Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontruktivisme, karena penelitian ini merupakan hasil konstruksi, mengingat pula penelitian ini merupakan penelitian yang meneliti tentang kajian audience/ khalayak dimana khalayak tersebut dapat mengkonstruksi dan memberikan makna pada suatu iklan. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana interpretasi khalayak pada Iklan TVC Ramayana Versi Ramadhan #KerenLahirBatin 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisi resepsi dengan melakukan wawancara mendalam dan focuss group discussion. Hasil Penelitian ini membahas mengenai bagaimana khalayak memaknai isi tayangan iklan yang mencapai posisi kedua di top iklan kampanye Asia mei 2018, yaitu iklan TVC Ramayana Versi Ramadhan #KerenLahirBatin 2018. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Interpretasi khalayak terhadap iklan TVC Ramayana Versi Ramadhan #KerenLahirBatin 2018 dimaknai beragam oleh informan terpilih. Mengacu kepada teori Stuart Hall pemaknaan dikelompokkan dalam tiga posisi pemaknaan, yaitu secara dominan-hegemonik, negosiasi, dan oposisi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 19 022
NIM: 44315010011
Uncontrolled Keywords: INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN TVC RAMAYANA VERSI RAMADHAN 2018 KERENLAHIRBATIN
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Dec 2019 02:01
Last Modified: 09 Jan 2020 04:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52691

Actions (login required)

View Item View Item