PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN DENGAN PEMANFAATAN CHATBOT SEBAGAI CUSTOMER SERVICE STUDI KASUS MINSU

SISWANTO, YUSUF MEI ANDRE (2019) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMESANAN DENGAN PEMANFAATAN CHATBOT SEBAGAI CUSTOMER SERVICE STUDI KASUS MINSU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Halaman judul.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak (file ini berisi abstrak Bahasa Indonesia & Inggris).pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan yang ditandatangani penulis dengan materai 6000 (sesuai pedoman perbaikan dan le.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan (termasuk lembar tanda lulus sidang, lembar pengesahan perbaikan dan lembar per.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
Daftar tabel.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
Daftar gambar.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
Daftar lampiran.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1 (file ini berisi Bab 1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2 (file ini berisi Bab 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 (file ini berisi Bab 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4 (file ini berisi Bab 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5 (file ini berisi Bab 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB VI)
Bab 6 (file ini berisi Bab 6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka (file ini berisi daftar pustaka).pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran (file ini berisi lampiran).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

The role of customer service is very much needed in serving customer orders, one of which is for MINSU SMEs that have a business selling milk. Some problems are faced, one of which is related to the role of customer service, namely limitations in serving customers. Chatbot is an application designed to communicate with machines. The Chatbot application is expected to be able to replace the role of customer service to be able to serve customers more efficiently and can increase sales turnover. This application was built using an expert system with a forward chaining method. One method of data collection in this study was to use the interview method where the author conducted interviews with MINSU SME owners to find out how to handle customer service at MINSU SMEs that are currently running. The final result of this study is the Development of Order Management Information System Using the Chatbot as a Customer Service Minsu Case Study. Key words: Technology, Chatbot, Forward Chaining, Extreme Programming, Customer Service Peran customer service sangat di perlukan dalam melayani pemesanan pelanggan, salah satunya pada UKM MINSU yang memiliki bisnis berjualan susu. Beberapa permasalahan dihadapi, salah satunya terkait dengan peran customer service yaitu keterbatasan dalam melayani pelanggan. Chatbot merupakan suatu aplikasi yang dirancang untuk berkomunikasi dengan mesin. Aplikasi Chatbot di harapkan mampu menggantikan peran customer service untuk dapat melayani pelanggan lebih efisien serta dapat meningkatkan omset penjualan. Aplikasi ini dibangun menggunakan sistem pakar dengan metode forward chaining. Metode pengumpulan data pada penelitian ini salah satunya adalah menggunakan metode wawancara dimana penulis melakukan wawancara dengan pemilik UKM MINSU untuk mengetahui bagaimana menangani pelayanan pelanggan pada UKM MINSU yang berjalan saat ini. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penerapan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Dengan Pemanfaatan Chatbot Sebagai Customer Service Studi Kasus Minsu Kata kunci: Teknologi, Chatbot, Forward Chaining, Extreme Programming, Customer Service

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SIK/18/19/038
NIM: 41814120091
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Chatbot, Forward Chaining, Extreme Programming, Customer Service
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Dec 2019 01:31
Last Modified: 10 Dec 2019 01:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52687

Actions (login required)

View Item View Item