EVALUASI KINERJA HALTE PURIBETA 2 BUS TRANSJAKARTA DAN KINERJA TRANSJAKARTA KORIDOR 13A

WIRATAMA, ADHITYA (2020) EVALUASI KINERJA HALTE PURIBETA 2 BUS TRANSJAKARTA DAN KINERJA TRANSJAKARTA KORIDOR 13A. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (965kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Transjakarta 13A is a corridor that has an important role as a liaison between DKI Jakarta and its buffer-city Tangerang, this situation makes Corridor 13A quite congested on weekdays, especially at the initial departure stop, Puribeta 2 bus stop. Therefore it is necessary to do research to assess the performance and quality of service to determine how much the level of passenger satisfaction with the performance service of Transjakarta Bus Corridor 13A and Puribeta 2 Bus Stop. The data collection technique was carried out by direct observation to obtain operational performance results, and questionnaires to obtain data on passenger satisfaction with services. As a reference for operational performance is used “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur” issued by Departemen Perhubungan Darat and The BRT Standard 2016. Meanwhile, to measure the level of passenger satisfaction on the performance of the TransJakarta Bus using statistical tests and Chi Square. From the analysis results obtained from the “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wiliayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur” almost all the categories I review the eligibility. Then, the results of analysis using the BRT Standard-2016 is scored 66 points to get the Bronze medal for that categories. For the performance of services in terms of passenger satisfaction, it gives satisfaction but there are some point that have a low response such as “Punctual bus departure and arrival times” dan “Crossing access facilities”. Kata Kunci : Transjakarta Bus Corridor 13A, Puribeta 2 Bus Stop, Kinerja Angkutan Umum, The BRT Standard-2016, Chi Square Transjakarta 13A merupakan koridor yang memiliki peranan penting sebagai penghubung antara DKI Jakarta dengan kota penyangganya Tangerang, hal ini membuat koridor 13A memiliki penumpang yang cukup padat pada hari kerja terutama di halte awal keberangkatan yaitu halte Puribeta 2. Oleh karena itu perlu di lakukan penelitian untuk menilai kinerja dan kualitas pelayanan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan kinerja Bus Transjakarta koridor 13A dan Halte Puribeta 2. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung untuk mendapatkan hasil kinerja operasional, dan penyebaran kuisioner untuk mendapatkan data kepuasan penumpang terhadap pelayanan. Sebagai acuan kinerja operasional digunakan “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur” yang digunakan oleh Departemen Perhubungan Darat dan The BRT Standard 2016. Sedangkan untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang atas kinerja Bus TransJakarta yaitu menggunakan uji statistik dan Chi Square. Dari hasil analisis yang diperoleh dari “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur” seluruh kategori yang ditinjau memenuhi syarat. Kemudian dari hasil analisis menggunakan The BRT Standard-2016 memperoleh nilai 66 point sehingga mendapatkan Bronze medal untuk dikategorinya. Pada kinerja pelayanan yang ditinjau dari kepuasan penumpang, sudah memberikan kepuasan tapi masih ada beberapa aspek yang memiliki respon yang rendah seperti “Ketepatan waktu berangkat dan kedatangan bus” dan “fasilitas akses penyebrangan”. Kata Kunci : Bus Transjakarta, Halte Puribeta 2, Koridor 13A, Kinerja Angkutan Umum, The BRT Standard-2016, Chi Square

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 20 111
Call Number: ST/11/21/025
NIM/NIDN Creators: 41116010069
Uncontrolled Keywords: Bus Transjakarta, Halte Puribeta 2, Koridor 13A, Kinerja Angkutan Umum, The BRT Standard-2016, Chi Square
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.2 Systems Analysis and Computer Design, Computer Architecture, Computer Performance Evaluation/Sistem Analis dan Desain Komputer, Arsitektur Komputer, Evaluasi Daya Guna dan Performa Komputer > 004.24 Computer Performance Evaluation/Evaluasi Daya Guna dan Performa Komputer
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.3 Vehicular Transportation/Transportasi kendaraan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 08 May 2022 03:00
Last Modified: 15 Feb 2023 06:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52622

Actions (login required)

View Item View Item