WIRATAMA, ADHITYA (2020) EVALUASI KINERJA HALTE PURIBETA 2 BUS TRANSJAKARTA DAN KINERJA TRANSJAKARTA KORIDOR 13A. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (965kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Transjakarta 13A is a corridor that has an important role as a liaison between DKI Jakarta and its buffer-city Tangerang, this situation makes Corridor 13A quite congested on weekdays, especially at the initial departure stop, Puribeta 2 bus stop. Therefore it is necessary to do research to assess the performance and quality of service to determine how much the level of passenger satisfaction with the performance service of Transjakarta Bus Corridor 13A and Puribeta 2 Bus Stop. The data collection technique was carried out by direct observation to obtain operational performance results, and questionnaires to obtain data on passenger satisfaction with services. As a reference for operational performance is used “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur” issued by Departemen Perhubungan Darat and The BRT Standard 2016. Meanwhile, to measure the level of passenger satisfaction on the performance of the TransJakarta Bus using statistical tests and Chi Square. From the analysis results obtained from the “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wiliayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur” almost all the categories I review the eligibility. Then, the results of analysis using the BRT Standard-2016 is scored 66 points to get the Bronze medal for that categories. For the performance of services in terms of passenger satisfaction, it gives satisfaction but there are some point that have a low response such as “Punctual bus departure and arrival times” dan “Crossing access facilities”. Kata Kunci : Transjakarta Bus Corridor 13A, Puribeta 2 Bus Stop, Kinerja Angkutan Umum, The BRT Standard-2016, Chi Square Transjakarta 13A merupakan koridor yang memiliki peranan penting sebagai penghubung antara DKI Jakarta dengan kota penyangganya Tangerang, hal ini membuat koridor 13A memiliki penumpang yang cukup padat pada hari kerja terutama di halte awal keberangkatan yaitu halte Puribeta 2. Oleh karena itu perlu di lakukan penelitian untuk menilai kinerja dan kualitas pelayanan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan kinerja Bus Transjakarta koridor 13A dan Halte Puribeta 2. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung untuk mendapatkan hasil kinerja operasional, dan penyebaran kuisioner untuk mendapatkan data kepuasan penumpang terhadap pelayanan. Sebagai acuan kinerja operasional digunakan “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur” yang digunakan oleh Departemen Perhubungan Darat dan The BRT Standard 2016. Sedangkan untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang atas kinerja Bus TransJakarta yaitu menggunakan uji statistik dan Chi Square. Dari hasil analisis yang diperoleh dari “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur” seluruh kategori yang ditinjau memenuhi syarat. Kemudian dari hasil analisis menggunakan The BRT Standard-2016 memperoleh nilai 66 point sehingga mendapatkan Bronze medal untuk dikategorinya. Pada kinerja pelayanan yang ditinjau dari kepuasan penumpang, sudah memberikan kepuasan tapi masih ada beberapa aspek yang memiliki respon yang rendah seperti “Ketepatan waktu berangkat dan kedatangan bus” dan “fasilitas akses penyebrangan”. Kata Kunci : Bus Transjakarta, Halte Puribeta 2, Koridor 13A, Kinerja Angkutan Umum, The BRT Standard-2016, Chi Square
Actions (login required)
View Item |