"STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT. ELNUSA GEOSAINS DALAM SOSIALISASI DAN CITRA SURVEI SEISMIK" (Studi Kasus Kegiatan Surve Selsmik di Kabupaten Ogan Ilir Propinsi Sumatra Selatan)

ASFERI, DEDI (2019) "STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT. ELNUSA GEOSAINS DALAM SOSIALISASI DAN CITRA SURVEI SEISMIK" (Studi Kasus Kegiatan Surve Selsmik di Kabupaten Ogan Ilir Propinsi Sumatra Selatan). S2-Magister thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL TESIS.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)

Abstract

Komunikasi humas PT. Elnusa Geosains adalah mutlak dibutuhkan karena sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa survei dan seismik yang dilakukan diatas lahan milik masyarakat/swasta, baik di daerah perkotaan maupun di desa, perlu memiliki tenaga kehumasan yang memiliki ilmu tentang kehumasan dan inisiatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat sesuai visi/misi perusahaan dan perintahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan strategi komunikasi humas PT.Elnusa Geosains. Pradigma penelitian ini adalah konstruktivisme dengan metode kualitatif serta menggunakan pendekatan studi kasus yang merupakan suatu penelitian sistimatis yang menyelidiki fenomena dalam konteks kehidupan nyata. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam melakukan analisisnya peneliti menggunakan beberapa khalayak sasaran/stakeholder, menentukan tujuan komunikasi humas, merancang pesan dan menyeleksi saluran komunikasi, menetapkan anggaran dan hasil yang dicapai. Hasil analisis menunjukan bahwa Strategi Komunikasi humas yang telah diterapkan oleh humas PT.Elnusa Geosains sudah bagus, namun komunikasi kehumasan yang diimplementasikannya masih minim inisiatif dan kreatifitas maupun terpadu/terintegrasi, hal tersebut terjadi karena petugas humas dan staf humas dilapangan/humas lokal atau humas pendamping kurang memahami betapa pentingnya tugas kehumasan disamping itu juga minim keilmuaan tentang humas. Dalam aktifitas pelaksanaan tugas kehumasan masih belum terintegrasi dengan baik sehingga ada beberapa masalah yang muncul pada pelaksanaan pada kegiatan survei dan seismik yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Pihak kehumasan perusahaan belum memaksimalkan strategi komunikasi humas secara efektif. Setelah dilakukan evaluasi pada tahun 2018 terhadap kegiatan kehumasan seperti kegiatan humas rintis/bridging, topografi, drilling/pengeboran dan recording/perekaman data pada pelaksanaan survei seismik yang dilakukan oleh PT. Elnusa Geosains masih belum sesuai target yang diinginkan. Oleh karena itu agar dampak strategi komunikasi humas dalam pelaksanaan sosialisasi dan pembentukan reputasi dan citra perusahaan dapat maksimal secara signifikan maka berbagai tehnik dan dan strategi harus dikemas dan direncanakan secara lebih kreatif membuat pesan-pesan untuk mencapai tujuan serta manfaat diadakannya kegiatan survei seismik di masyarakat tercapai. Keyword : Strategi Komunikasi Humas, Komunikasi Internal dan Eksternal, Sosialisasi, Citra pada Kegiatan Survei Seismik.

Item Type: Thesis (S2-Magister)
NIM: 55212120073
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Humas, Komunikasi Internal dan Eksternal, Sosialisasi, Citra pada Kegiatan Survei Seismik.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:30
Last Modified: 06 Mar 2020 07:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52563

Actions (login required)

View Item View Item