RIAWAN, MUHAMMAD BUDI (2020) ANALISIS PERUBAHAN GEOMETRI WINGLET TERHADAP PENURUNAN HAMBATAN PESAWAT PADA BOEING 737-800 DENGAN METODE CFD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (402kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
Abstract
The aircraft is designed by making the aircraft aerodynamic to make the plane have drag as small as possible. Winglets are enhancements to the wingtips that can improve aerodynamics by reducing the vortex of air contained at the wingtips thereby reducing induced drag. Vortex on the wingtip occurs because of differences in pressure on the upper and lower surfaces of the wing so that the pressure tries to equalize itself on the wingtips. Nowadays, there are several winglets applied to the aircraft. In this study, the winglets to be analysed are the winglets mounted on Boeing 737-800 aircraft, namely blended winglets and split scimitar winglets. Split scimitar winglet is a modification of the blended winglet with the addition of a down vertical device. However, most airline in the world are not using this split scimitar winglet yet. This study will analyse the change in drag in split scimitar winglets compared to blended winglets. The research will use the CFD method with simulation using several variations inlet velocity and will compare drag and lift coefficient between this two winglets. Simulations are carried out using variations in speed and altitude conditions of aircraft 10,000 m above sea level. After simulation and achieving the convergence results, drag coefficient comparison resulting the highest drag difference 7,3%, pressure contour analysis resulting difference in pressure contour is 3,48%, and air flow velocity analysis resulting the highest difference up to 7 m/s, so drag of the split scimitar winglet is smaller than the blended winglet. Keywords : Aerodynamic, Winglet, Split Scimitar, CFD, angle of attack, coefficient, Drag, Lift. Pesawat didesain sebaik mungkin dengan cara membuat pesawat tersebut aerodinamis sehingga membuat pesawat memiliki hambatan sekecil mungkin. Winglet merupakan perangkat tambahan pada ujung sayap yang dapat meningkatkan aerodinamis dengan mengurangi pusaran udara yang terdapat pada ujung sayap sehingga mengurangi induced drag. Pusaran pada ujung sayap terjadi karena adanya perbedaan tekanan pada permukaan atas dan permukaan bawah sayap sehingga tekanan berupaya menyamakan tekanan pada ujung sayap. Dewasa ini, sudah ada beberapa winglet yang diaplikasikan pada pesawat. Dalam penelitian ini, winglet yang akan dianalisis adalah winglet yang terpasang pada pesawat Boeing 737-800 yaitu, blended winglet dan split scimitar winglet. Split scimitar winglet merupakan hasil modifikasi dari blended winglet dengan penambahan perangkat vertikal kebawah. Penelitian ini akan menganalisis perubahan hambatan pada split scimitar winglet dibandingkan dengan blended winglet. Penelitian akan menggunakan metode CFD dengan simulasi menggunakan beberapa variasi kecepatan dan akan membandingkan koefisien drag dan koefisien lift dari kedua winglet. Simulasi dilakukan dengan menggunakan variasi kecepatan dan pada kondisi ketinggian pesawat 10,000 m diatas permukaan laut. Setelah dilakukan simulasi dan mencapai hasil konvergensi dilakukan perbandingan koefisien drag didapatkan perbedaan hambatan paling tinggi sebesar 7,3%, analisa kontur tekanan didapatkan perbedaan tekanan tertinggi sebesar 3,48%, dan analisa kecepatan aliran udara didapatkan perbedaan tertinggi kecepatan aliran hingga 7,1 m/s, sehingga didapatkan kesimpulan hambatan pada winglet split scimitar lebih kecil daripada blended winglet. Kata kunci : Aerodinamis, Winglet, Split Scimitar, CFD, Sudut Serang, Koefisien Drag, Lift
Actions (login required)
View Item |