ANALISIS PENGGUNA SPARK PLUG TIPE STANDAR DAN IRIDIUM PADA MOTOR BAHAN BAKAR GAS LPG DENGAN PENGUKUR INDIKATOR

PANGESTU, DANANG BAGAS (2020) ANALISIS PENGGUNA SPARK PLUG TIPE STANDAR DAN IRIDIUM PADA MOTOR BAHAN BAKAR GAS LPG DENGAN PENGUKUR INDIKATOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. SAMPUL.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
05. Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04. Penghargaan.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
07. Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
09. Daftar Tabel.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Spark plug is one part of the engine ignition system. The amount of sparks can ignite the fuel mixture perfectly and on time needed so that it produces optimal power output with the use of efficient fuel. Because one that affects the amount of engine performance and ignition energy is the gap gap spark plug gap. The purpose of this research is to find out the users of Standard Type and Iridium spark plugs with variations in the gap of spark plug gaps in LPG gas-fueled engines to the torque and power generated by these engines. This research is an experimental research using Yamaha Mio j. Research uses Dynotest to measure the torque and power generated by the engine. Data analysis method is done by descriptive analysis. The results obtained from standard type spark plug users are the highest torque of 6.4 N.m At 6500 rpm engine speed at the gap of spark plug gap of 0.8mm. and the highest power of 5.54 hp at 6500 rpm engine speed at 0.8 mm spark plug gap. while for the highest Iridium type spark plugs the highest torque is 7.2 N.m at 6500 rpm engine speed at 0.8 mm spark plug gap and the highest power of 6.56 hp at 6500 rpm engine speed at 0.8 mm spark plug gap. Keywords : LPG, Engine Torque, Engine Power, Spark Plug Busi merupakan salah satu bagian dari sistem pengapian mesin. Besarnya percikan bunga api mampu membakar campuran bahan bakar secara sempurna dan tepat waktu yang dibutuhkan sehinga menghasilkan output tenaga yang optimal dengan penggunaan bahan bakar yang efisien .karena salah satu yang mempengaruhi besarnya kinerja mesin dan energi pengapian adalah jarak kerenggangan celah busi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengguna busi tipe standar dan iridium dengan variasi kerenggangan celah busi pada mesin berbahan bakar gas LPG terhadap torsi dan daya yang dihasilakan mesin tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen dengan menggunakan mesin Yamaha Mio j. Penelitian menggunkan dynotest untuk mengukur torsi dan daya yang dihasilkan mesin. Metode analisis data dilakukan secara analisis deskriptif. Hasil yang didapatkan dari penguna busi tipe Standar yaitu torsi tertingi sebesar 6,4 N.m Pada putaran mesin 6500 rpm pada kerenggangan celah busi 0,8mm dan daya tertingi sebesar 5,54 Hp pada putaran mesin 6500 rpm pada kerenggangan celah busi 0,8mm. sedangkan untuk busi tipe Iridium torsi tertingi sebesar 7,2 N.m pada putaran mesin 6500 rpm pada kerenggangan celah busi 0,8mm dan daya tertingi sebesar 6,56 Hp pada putaran mesin 6500 rpm pada kerenggangan celah busi 0,8mm. Kata Kunci : LPG, Torsi Mesin, Daya Mesin, Busi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 20 054
Call Number: ST/13/21/057
NIM/NIDN Creators: 41315010020
Uncontrolled Keywords: LPG, Torsi Mesin, Daya Mesin, Busi.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 662 Technology Of Explosives, Fuels, Related Products, Firework, Pyrotechnics/Teknologi Industri Bahan Peledak,Bahan Bakar,Teknologi Petasan, Piroteknik > 662.8 Other Fuels/Industri Bahan Bakar Lainnya
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 665 Technology of Industrial Oils, Fats, Waxes, Gases/Teknologi Industri Minyak > 665.8 Other Industrial Gases/Teknologi Industri Gas Lainnya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:21
Last Modified: 05 Sep 2022 01:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52470

Actions (login required)

View Item View Item