PERANCANGAN APLIKASI HELPDESK UNTUK MENGELOLA MANAJEMEN KOMPLAIN APLIKASI DAFINCI PADA PT. TELKOMSEL DENGAN PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM

VIRGIYANTI, YOVITA (2019) PERANCANGAN APLIKASI HELPDESK UNTUK MENGELOLA MANAJEMEN KOMPLAIN APLIKASI DAFINCI PADA PT. TELKOMSEL DENGAN PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar tabel.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar gambar.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar lampiran.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
15. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)

Abstract

Abstract -- PT. Telkomsel is a Cellular Telecommunication Company in Indonesia. PT. Telkomsel has an internal system called Database For Implementation Raiec or abbreviated as Dafinci, a project management application that is used by several departments at PT. Telkomsel, because it is still in the development stage so that the dafinci application still has many obstacles and complaints from employees. At present there is no systematic and structured complaint handling system that results in duplicated complaints reports, non-responding complaints reports, undocumented complaints reports that result in employee performance. The purpose of writing this Final Project is to design a helpdesk application system to manage complaint management in the Dafinci application, which can provide solutions and an overview of the problems experienced by the Dafinci system and the implementation of knowledge management to facilitate documentation and use problems and improve the quality of work for Telkomsel employees . The method used in designing this application is the SLDC (System Development Life Cyle) with the waterfall model and using PIECES analysis with the application of a knowledge management system to support interaction between employees, system design using UML tools (Unified Modeling Language) such as Use Case Diagrams, Activity Diagrams and Class Diagram. Keywords: Knowledge Management System, PIECES, Design ofApplications Helpdesk Abstrak -- PT. Telkomsel adalah Perusahaan Telekomunikasi Seluler di Indonesia. PT. Telkomsel mempunyai sebuah sistem internal yang bernama Database For Implementation Raiec atau disingkat Dafinci, merupakan sebuah aplikasi project management yang digunakan oleh beberapa departemen pada PT. Telkomsel, karena masih dalam tahap pengembangan sehingga aplikasi dafinci masih terdapat banyak kendala dan komplain dari para karyawan. Saat ini belum memiliki sebuah sistem penanganan keluhan yang sistematis dan terstruktur sehingga mengakibatkan adanya laporan keluhan yang terduplikasi, laporan keluhan yang tidak terespon, laporan keluhan yang tidak terdokumentasi yang berakibat pada kinerja karyawan. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini ialah merancang sebuah sistem aplikasi helpdesk untuk mengelola manajemen komplain pada aplikasi Dafinci, yang bisa memberikan solusi dan gambaran terhadap permasalahan yang dialami oleh sistem Dafinci serta penerapan knowledge management untuk memfasilitasi masalah pendokumentasian dan penggunaannya serta meningkatkan kualitas kerja bagi karyawan Telkomsel . Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah SLDC ( System Development Life Cyle ) dengan model waterfall dan menggunakan analisa PIECES dengan penerapan knowledge management system untuk mendukung interaksi antar karyawan, desain sistem menggunakan tools UML (Unified Modeling Language) seperti Use Case Diagram, Activity Diagram dan Class Diagram. Kata Kunci: Knowledge Management System, PIECES, Perancangan Aplikasi Helpdesk

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 19 031
Call Number: SIK/18/19/029
NIM: 41816120036
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management System, PIECES, Perancangan Aplikasi Helpdesk
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 20 Nov 2019 03:47
Last Modified: 08 Jan 2020 02:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52110

Actions (login required)

View Item View Item