STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT MIDI UTAMA INDONESIA, Tbk DALAM MEMBANGUN CUSTOMER RELATIONS MELALUI APLIKASI OVER THE TOP (Studi Kasus Pada Instagram @Alfamidi_ku)

BETZAIDA, ELLA (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PT MIDI UTAMA INDONESIA, Tbk DALAM MEMBANGUN CUSTOMER RELATIONS MELALUI APLIKASI OVER THE TOP (Studi Kasus Pada Instagram @Alfamidi_ku). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Every organization expects the formation of a positive image in the organization. One way is to build customer relations with its stakeholders. The development of technology creates an effective way of communicating. Social media is considered as an effective medium for communication because it offers two-way communication and reaches broad targets. The purpose of this study is to determine the communication that exists between companies and consumers in over the top applications and describe the public relations communication strategy of PT. Midi Utama Indonesia, Tbk in building customer relations. The theory used in this study is the 7-Cs Public Relations Communications strategy expressed by Cutlip, Center and Broom. This study uses the constructivist paradigm, with a descriptive qualitative case study research method. The subjects of this research are employees who have been active working for a minimum of five years and members for a minimum of six months and actively shop at PT. Midi Utama Indonesia, Tbk. Data collection techniques used in this study were in-depth interviews. The results of this study indicate that PT. Midi Utama Indonesia, Tbk. Uses communication channels with its stationers via Instagram to establish two-way communication with consumers by providing direct response (real time response) and delayed response using a template. Public relations communication strategy of PT. Midi Utama Indonesia, Tbk in improving customer relations is done by increasing trust, using appropriate communication channels, communicating in clear, consistent language, sustainability, beneficial content, paying attention to social conditions, paying attention to the ability of the audience. Keywords: customer relations, public relations, communication strategies Setiap organisasi mengharapkan terbentuknya citra positif dalam organisasi. Salah satu cara adalah dengan membangun customer relations dengan stakeholdernya. Perkembangan teknologi menciptakan cara yang efektif dalam berkomunikasi. Media sosial dianggap sebagai media efektif untuk berkomunikasi karena menawarkan komunikasi dua arah dan menjangkau sasaran yang luas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komunikasi yang terjalin antara perusahaan dengan konsumen dalam aplikasi over the top dan mendeskripsikan strategi komunikasi public relations PT. Midi Utama Indonesia, Tbk dalam membangun customer relations. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi 7-Cs Public Relations Communications yang diungkapkan oleh Cutlip, Center dan Broom. Penelitian ini menggunakan paradigma konstrutivisme, dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah karyawan yang aktif bekerja minimal lima tahun dan member minimal enam bulan dan aktif berbelanja di PT. Midi Utama Indonesia, Tbk. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Midi Utama Indonesia, Tbk.menggunakan saluran komunikasi dengan staeholdernya melalui Instagram untuk membangun komunikasi dua arah dengan konsumennya dengan memberikan respon secara langsung (real time response) dan respon yang tertunda (delay response) menggunakan template. Strategi komunikasi public relations PT. Midi Utama Indonesia, Tbk dalam meningkatkan customer relations dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan, menggunakan saluran komunikasi yang tepat, berkomunikasi dengan bahasa yang jelas, konsisten, keberlanjutan, isi yang menguntungkan, memperhatikan kondisi sosial, memperhatikan kemampuan khalayak. Kata kunci : customer relation, public relation, strategi komunikasi

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/42/19/125
NIM: 44214120098
Uncontrolled Keywords: customer relation, public relation, strategi komunikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 09 Jul 2020 05:08
Last Modified: 09 Jul 2020 05:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51723

Actions (login required)

View Item View Item