PUTRI, AILENE (2020) PENGARUH ANOMALI KALENDER TERHADAP HARGA SAHAM PADA SUB SEKTOR RETAIL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
Abstract
This research was conducted with the aim of testing and analyzing occur calendar anomalies on stock prices in the retail sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange. The population in this study was 25 retail sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The sample used was 23 companies using purposive sampling. The type of data used is secondary data in the form of daily data during April - July 2019 and October 2019 - January 2020 with the collection method using documentation techniques from the event study. The method used for data analysis used statistical t (t test) using SPSS 23. The results showed that Lebaran holidays had no effect on stocks in the retail sub sector. Christmas holidays do not have effect on stocks in the retail sub sector. New Year's holidays have a significant effect on stocks in the retail sub sector. National Online Shopping Day has no effect on the retail sub-sector stocks. Keywords: Calendar Anomaly, Eid Mubarak, Christmas, New Year, National Online Shopping Day, Efficiency Market Hypothesis (EMH), Stock Price, Retail, Paired Sample T-Test Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis terjadinya anomali kalender terhadap harga saham pada sub sektor retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian penelitian ini adalah 25 Perusahaan Sub Sektor Retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Sampel yang dipergunakan adalah sebanyak 23 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling. Jenis data yang dipakai merupakan data sekunder yang berupa data harian selama bulan April – Juli 2019 dan Oktober 2019 – Januari 2020 dengan metode pengumpulan menggunakan teknik dokumentasi dari event study. Metode yang digunakan untuk analisis data menggunakan statistic t (uji t) dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Liburan Lebaran tidak berpengaruh terhadap saham sub sektor retail. Liburan Natal tidak berpengaruh terhadap saham sub sektor retail. Liburan Tahun Baru berpengaruh signifikan terhadap saham sub sektor retail. Hari Belanja Online Nasional tidak berpengaruh terhadap saham sub sektor retail. Kata Kunci: Anomali Kalender, Lebaran, Natal, Tahun Baru, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Hipotesis Pasar Efisien (EMH), Harga Saham, Ritel, Paired Sample T-Test.
Actions (login required)
View Item |