MAKNA EMOTICON PADA PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM IKLAN YOUTUBE MURNINYA #KebaikanAQUA (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce terhadap Iklan tebarkan murninya kebaikan versi Ramadhan SehatAQUA)

FITRI ANAWAYA, ARVIORIZA (2020) MAKNA EMOTICON PADA PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM IKLAN YOUTUBE MURNINYA #KebaikanAQUA (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce terhadap Iklan tebarkan murninya kebaikan versi Ramadhan SehatAQUA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

This research is entitled Semiotic Analysis of the Meaning of Emoticons on Whatsapp Usage in the Pure Youtube ad #KebaikanAQUA Ramadhan 2020 version of Aqua mineral water advertisement, which is broadcast on Youtube media which is expected to provide visualization messages to the public about products that will support good product image. The purpose of this research is to analyze and find out the emoticons in the scane and the meaning of the messages contained in the Ramadan version of Aqua mineral water advertisements on Youtube. In the analysis of research data, the writer as a researcher uses the semiotic concept used is Charles Sanders Peirce's theory. The paradigm used is constructivism. It is a paradigm which implies that reality exists in various forms of mental constructions based on social experience. Local and specific and depends on the party who did it. Relevant theories in this study are New Media and Semiotics. The unit of analysis studied is the Emoticon in the Pure Youtube ad #KebaikanAQUA. Data collection techniques that are carried out are in-depth analysis and observation from documentation and screenshots. The results showed that the Sadness Emoticons in the Whatsapp application on Youtube ads represent emotions like reality. This icon is easy to recognize because it has similarity to the original object. However, the meaning of the Emoticon varies depending on the social experience of each. Everyone must be sensitive in using emoticons because New Media has become the most influential medium in today's era. Keywords: Meaning of Emoticons, Meaning of Ads, On the use of Whatsapp, Semiotics, Charles Sanders Peirce Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Makna Emoticon Pada Penggunaan Whatsapp dala iklan Youtube Murninya #KebaikanAQUA iklan air mineral Aqua versi Ramadhan 2020, yang ditayangkan pada media Youtube yg diharapkan dapat memberikan pesan secara visualisasi terhadap masyarakat tentang produk yang nantinya akan mendukung pencitraan produk yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui Emoticon yang ada di dalam scane dan makna pesan yang terkandung dalam iklan air mineral Aqua versi Ramadhan di media Youtube. Dalam analisis data penelitian, penulis sebagai peneliti menggunakan konsep Semiotika yang digunakan adalah Teori milik Charles Sanders Peirce. Paradigma yang di gunakan adalah konstruktivisme. Yaitu paradigma yang menyatkan bahwa realitas itu ada dalam beragam bentuk konstruksi mental yang berada di dasarkan pengalaman sosial. Bersifat localdan spesifik serta tergantung pada pihak yang melakukannya. Teori yang Relevan pada penelitian ini adala New Media dan Semiotika.Unit analisis yang di teliti adalah Emoticon yang ada di dalam iklan Youtube Murninya #KebaikanAQUA. Tekhnik pengumpulan data yang di lakukan adalah Analisis mendalam dan Observasi dari Dokumentasi dan Screenshoot. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Emotikon Sadness dalam aplikasi Whatsapp yg ada pada iklan Youtube mewakili emosi seperti realitanya. Ikon ini mudah di kenali karna memilki similaritas dengan objek aslinya. Namun pemaknaan Emoticon berbeda-beda tergantung pengalaman sosial masing-masing. Setiap orang harus peka dalam menggunakan emoticon karna New Media telah menjadi media yang paling berpengaruh di era sekarang ini. Kata kunci : Makna Emoticon, Makna Iklan, Pada penggunaan Whatsapp, Semiotika, Charles Sanders Peirce.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 006
Call Number: SK/42/21/067
NIM/NIDN Creators: 44216010097
Uncontrolled Keywords: Makna Emoticon, Makna Iklan, Pada penggunaan Whatsapp, Semiotika, Charles Sanders Peirce.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 01 Apr 2023 04:13
Last Modified: 01 Apr 2023 04:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51358

Actions (login required)

View Item View Item