HEDONISME DALAM FILM “SEX AND THE CITY 2” PENCERMINAN BUDAYA PADA KAUM URBAN (Studi Kasus Dengan Pendekatan Semiotika Charles S. Peirce)

KRISALDI, KRISALDI (2017) HEDONISME DALAM FILM “SEX AND THE CITY 2” PENCERMINAN BUDAYA PADA KAUM URBAN (Studi Kasus Dengan Pendekatan Semiotika Charles S. Peirce). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Film di Indonesia berkembang sangat pesat dengan beragam genre yang berbeda. Film Sex In The City 2 adalah film yang berhubungan dengan tanda – tanda hedonisme dan konsumerisme yang digambarkan jelas gaya hidup di film ini. Fokus penelitian ini adalah film Sex In The City 2 yang rilis tahun 2010. Unit anallisa penelitian ini adalah mengetahui makna dan simbol-simbol dari hedonisme dan konsumerisme, dengan menggunakan analisis semiotika, dan menggunakan teori Charlesw S. Peirce. Penelitian makna dan simbol-simbol hedonisme dan kosumerisme dalam unsur film Sex In The City 2 menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena berusaha mendeskripsikan suatu fenomena/peristiwa secara sistematis sesuai dengan apa adanya. Kerangka pemikiran yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisis grepresentasi kaum urban yang digambarkan dalam film Sex In The City 2 yang berupa audio dan visual yang membawa makna lain yang kemudian diteliti lebih mendalam melalui studi semiotika Charlesw S. Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi gaya hidup hedonism dan konsumerisme dalam kaum urban dalam film Sex In The City 2terlihat jelas dalam gaya hidup para pemain yang dikemas secara mewah.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44110010077
Uncontrolled Keywords: HEDONISME DALAM FILM “SEX AND THE CITY 2” PENCERMINAN BUDAYA PADA KAUM URBAN (Studi Kasus Dengan Pendekatan Semiotika Charles S. Peirce)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi > 021.2 Relationship with the Community/Hubungan Perpustakaan dengan Masyarakat > 021.26 Cultural Role/Peran budaya
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.94 Influence of Community and Housing/Pengaruh Komunitas dan Perumahan > 155.942 Urban Communities/Komunitas Perkotaan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 171 Ethical Systems/Sistem Etika > 171.4 Hedonism/Hedonisme
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi > 791.43 Motion Pictures, Movies, Cinema/Bioskop, Movie, Film Hiburan, Sinema
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Tika Anggraeni
Date Deposited: 01 Dec 2021 03:35
Last Modified: 23 Feb 2022 05:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51146

Actions (login required)

View Item View Item