ANALISIS KERUSAKAN PADA ENGINE CFM56-5B DIKARENAKAN ENGINE STALL UNTUK JENIS PESAWAT AIRBUS A320

PRAYOGO, RYAN ADHI (2019) ANALISIS KERUSAKAN PADA ENGINE CFM56-5B DIKARENAKAN ENGINE STALL UNTUK JENIS PESAWAT AIRBUS A320. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman judul.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

The engine is a very important part of an aircraft. You could say the engine is a core part of an aircraft, because of this reason a maintenance or maintenance effort is carried out to maintain that the engine does not fail or damage during operation in the air, periodic maintenance and inspection is applied, each aircraft lands visual inspection, starting from walk around finding something that can cause damage to aircraft systems, especially aircraft engine parts. The treatments are various, from small to large treatments, from those that only look up to the replacement of an item. The replacement of an item in the aircraft engine part must be engine tested by means of a ground run engine, to determine engine performance after maintenance or replacement of a spare part, so that we can find out there is a leak or not and the system on the engine works properly. This report aims to find out whether the causes of one of the engine stalls that occur in the CFM56-5B engine are used by Airbus A320 aircraft. By carrying out measurement, calculation and testing analysis, the finding of trouble on one part of the engine system is the variable bleed system, which this part serves to regulate a lot of the lack of mass demand for air entering the engine. Because according to the standard law of Newton the second is F = m x a, without any mass, it is not the force or thrust of the plane itself. Discussions on the CFM56-5B engine include procedures to verify the parameters tested, and their suitability according to the design of the factory. Keywords: GE CFM56-5B engine, engine stall, variable bleed valve, engine gas temperature, thrust (thrust) Engine merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah pesawat terbang. Bisa dibilang engine merupakan bagian inti dari pesawat terbang, karena alas an tersebut maka dilakukannya suatu usaha perawatan atau maintenance untuk menjaga agar engine tidak mengalami kegagalan atau kerusakan selama pengoperasian di udara, proses perawatan dan inspeksi berkala diterapkan, setiap pesawat mendarat di lakukannya visual inspection, mulai dari walk around menemukan sesuatu yang bisa menyebabkan kerusakan pada system pesawat khususnya bagian engine pesawat. Perawatan yang dilakukan berbagai macam, mulai dari perawatan kecil sampai besar, dari yang hanya melihat sampai penggantian suatu barang. Pergantian suatu item pada bagian engine pesawat harus dilakukannya pengujian engine dengan cara engine ground run, untuk mengetahui performa engine setelah dilakukannya perawatan atau penggantian suatu spare part, agar kita dapat mengetahui ada nya kebocoran atau tidak dan system pada engine bekerja dengan baik. Pada laporan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penyebab salah satu dari engine stall yang terjadi pada engine CFM56-5B yang dipakai oleh pesawat jenis Airbus A320. Dengan melakukan analisis pengukuran, perhitungan dan pengujian maka ditemukannya trouble pada salah satu bagian system engine yaitu variable bleed system, yang mana bagian ini berfungsi untuk mengatur banyak kurangnya kebutuhan massa udara yang masuk ke dalam engine. Karena sesuai hukum baku dari newton yang kedua adalah F= m x a, tanpa ada nya masssa udara maka tidak di dapatkan nya gaya atau daya dorong (thrust) pesawat itu sendiri. Pembahasan pada engine CFM56-5B meliputi prosedur penguian parameter yang diuji, dan kelayakannya sesuai dengan desain dari pabrik. Kata kunci : Mesin GE CFM56-5B, Engine stall, variable bleed valve, engine gas temperature, Thrust (gaya dorong)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: ST/13/19/023
NIM: 41314110062
Uncontrolled Keywords: Mesin GE CFM56-5B, Engine stall, variable bleed valve, engine gas temperature, Thrust (gaya dorong)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.7 Storage and Maintenance Technology/Teknologi Penyimpanan dan Perawatan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 20 Sep 2019 06:27
Last Modified: 20 Sep 2019 06:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50823

Actions (login required)

View Item View Item