PENGARUH NILAI KUPON ELEKTRONIK TERHADAP PERSEPSI KEBERMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT PERILAKU MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK BERABSIS SERVER

WINATA, LINDA FITRIA ADI (2020) PENGARUH NILAI KUPON ELEKTRONIK TERHADAP PERSEPSI KEBERMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT PERILAKU MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK BERABSIS SERVER. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1 Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2 Kajian Pustaka, Kerangka Pemikiran, dan Hipotesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3 Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4 Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

This study aims to know, analyze, and examine the effect of electronic coupun value to perceived ease-of-use and perceived usefulness and its implication to behavioral intention to use server-based electronic money. Study object is user of or someone who ever used server-based electronic money, using causal analysis method. The population of the study is public community or people who live in Jabodetabek area (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi) with 170 respondents as sample using purposive sampling method. Descriptive method with quantitative approach applied to this study, data analysis used SEM and data processing used SmartPLS 3.0. This study reveals that perceived usefulness mediates correlation between electronic coupon value and intention to use technology, while perceived ease-of-use did not significantly mediate correlation between electronic coupon value and intention to use server-based electronic money payment technology. Perceived Ease-of-Use gave the R-Square at 0.262 which could be interpreted that Perceived Ease-of-Use construct variable as explained by Electronic Coupon Value only at 26.3% while 73.7% was explained by other variables excluded from the study, therefore, it is highly recommended to investigate other factors that might influence perceived ease-of-use such as perceived enjoyment, trust, security or subjective norm. Keywords: Technology Acceptance Model, Electronic Coupon Value, Perceived Usefulness, Perceived Ease-of-Use, Intention to Use, Server-Based Electronic Money. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui. menganalisa dan menguji pengaruh Nilai Kupon Elektronik terhadap Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kebermanfaatan serta implikasinya terhadap Minat Perilaku Menggunakan uang Elektronik Berbasis Server. Objek penelitian ini adalah pengguna atau yang pernah menggunakan uang elektronik berbasis server, dengan menggunakan metode analisis kausal. Populasinya adalah warga masyarakat atau yang berdomisili di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dengan sampel 170 responden menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, analisis data dengan menggunakan SEM dan pengolahan data menggunakan SmartPLS 3.0. Studi ini menghasilkan temuan bahwa persepsi kebermanfaatan, memediasi hubungan nilai kupon elektronik dengan minat menggunakan teknologi, sementara persepsi kemudahan tidak signifikan memediasi hubungan nilai kupon elektronik dengan minat menggunakan teknologi pembayaran uang elektronik berbasis server. Meninjau bahwa Persepsi Kemudahan memberikan nilai R-Square sebesar 0.262 yang dapat diinterprestasikan bahwa variabel konstruk Persepsi Kemudahan yang dijelaskan oleh variabel Nilai Kupon Elektronik hanya sebesar 26.3% sedangkan 73.7% dijelaskan oleh variabel lain di luar yang diteliti, maka sangat disarankan untuk mengkaji faktor-faktor lain yang mungkin berpengaruh terhadap persepsi kemudahan seperti persepsi kesenangan, kepercayaan, keamanan atau norma subjektif. Kata kunci: Technology Acceptance Model, Nilai Kupon Elektronik, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, Minat Menggunakan, Uang Elektronik Berbasis Server.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/551. 20 030
Call Number: TM/51/21/138
NIM/NIDN Creators: 55117010019
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model, Nilai Kupon Elektronik, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan, Minat Menggunakan, Uang Elektronik Berbasis Server.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 322 Relation of The State of Organized Groups/Hubungan Negara dengan Kelompok Sosial yang Terorganisir > 322.3 Business and Industry/Bisnis dan Industri
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.4 Money/Uang
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 760 Graphic Arts/Seni Grafika > 769 Prints/Seni Percetakan > 769.5 Forms of Prints/Bentuk-bentuk Seni Percetakan > 769.57 Stamps Other Than For Prepayment of Postage/Perangko Selain Untuk Pembayaran di Muka Atas Uang Muka
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 10 Dec 2021 11:24
Last Modified: 22 Apr 2022 07:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50777

Actions (login required)

View Item View Item