PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA INFORMASI BUDAYA KOREAN POP (K-POP)

OKTAPIYANI, REZA (2019) PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA INFORMASI BUDAYA KOREAN POP (K-POP). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang dianggap berhasil dalam mempromosikan produk budaya yang dimilikinya. Korea Selatan menggunakan produk budaya dalam Korean Wave sebagai sumber soft power negaranya karena popularitasnya yang tinggi hingga ke negara-negara di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Penyebaran produk budaya dalam Korean Wave yang sampai ke negaranegara tersebut tidak terlepas dari keberadaan new media seperti YouTube. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dengan menggunakan teori teori Uses and Gratifications yang menekankan posisi pengaruh yang terbatas, teori ini melihat media mempunyai pengaruh terbatas karena pengguna mampu memilih dan mengendalikan.Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai Penggunaan YouTube sebagai Media Informasi Budaya Korean Pop (K-pop). Hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata YouTube sebagai media baru mampu memberikan informasi musik Korea, media YouTube tidak hanya mampu memberikan informasi musik Korea tapi segala hal yang menyangkut dengan budaya populer Korea dapat ditemukan di YouTube. Kata Kunci: Korean Pop, Youtube, Budaya

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 19 091
NIM: 44113120029
Uncontrolled Keywords: Korean Pop, Youtube, Budaya
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi > 384.3 Computer Communication/Komunikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:29
Last Modified: 23 Oct 2019 07:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50037

Actions (login required)

View Item View Item