ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERGURUAN TINGGI SWASTA (PTS) PADA UNIVERSITAS DI JAKARTA BARAT

SITORUS, HELENA (2014) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERGURUAN TINGGI SWASTA (PTS) PADA UNIVERSITAS DI JAKARTA BARAT. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (Tesis Full)
55312110038 HELENA SITORUS Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

High competition among Private Higher Education at Private Universities in West Jakarta requires competitive advantage and thereby enhances performance of Private Higher Education as seen from the number of student achievement. This research was done by developing a model to examine and analyze the effect of market orientation, program innovation, environmental adaptability, promotion, and reputation on competitive advantage. Similarly to examine and analyze the effect of competitive advantage on performance of Private Higher Education. The population in this research is the head of study program as well as the structural officer of Private University in West Jakarta and the sample taken is 123. Instrument analysis of data used is Structural Equation Modelling (SEM) in AMOS 21.0 program. The result shows that market orientation, program innovation, promotion, and reputation has positive and significant effect on competitive advantage. Differently, environmental adaptability has only positive but not significant effect on competitive advantage. The result also shows that competitive advantage has positive and significant effect on performance of Private Higher Education. The most dominant factor affecting competitive advantage is reputation. This research states a policy that needs to be done is focusing on the application of reputation, program innovation, market orientation, and promotion to achieve competitive advantage in enhanching performance of Private Higher Education. Keywords : Market orientation, program innovation, environmental adaptability, promotion, reputation, competitive advantage, and performance. Persaingan yang tinggi antar Perguruan Tinggi Swasta pada Universitas Swasta di Jakarta Barat membutuhkan kemampuan untuk memiliki keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja PTS dilihat dari aspek jumlah mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah model untuk menguji dan menganalisis pengaruh orientasi pasar, inovasi program, adaptabilitas lingkungan, promosi, dan reputasi terhadap keunggulan bersaing. Demikian juga untuk menguji dan menganalisis pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja PTS. Populasi dalam penelitian ini adalah ketua program studi maupun pejabat struktural pada Universitas Swasta di Jakarta Barat dan sampel yang diambil adalah 123. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, inovasi program, promosi, dan reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Akan tetapi adaptabilitas lingkungan hanya berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Perguruan Tinggi Swasta. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keunggulan bersaing adalah reputasi. Penelitian ini menyatakan kebijakan yang perlu dilakukan adalah menitikberatkan pada penerapan reputasi, inovasi program, orientasi pasar, dan promosi untuk mencapai keunggulan bersaing dalam meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi Swasta. Kata Kunci : Orientasi pasar, inovasi program, adaptabilitas lingkungan, promosi, reputasi, keunggulan bersaing dan kinerja.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: TI/53/14/023
NIM/NIDN Creators: 55312110038
Uncontrolled Keywords: Orientasi pasar, inovasi program, adaptabilitas lingkungan, promosi, reputasi, keunggulan bersaing dan kinerja.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 322 Relation of The State of Organized Groups/Hubungan Negara dengan Kelompok Sosial yang Terorganisir > 322.3 Business and Industry/Bisnis dan Industri
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri > 338.4 Secondary Industries and Services/Industri dan Jasa Sekunder
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:32
Last Modified: 19 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49809

Actions (login required)

View Item View Item