ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN AIR MINERAL AQUA VERSI “KEMBALI MURNI #AQUA242” EDISI RAMADHAN 2018 DI MEDIA TELEVISI

TAJI, PRADITYA ANDIRA SEKAR (2019) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN AIR MINERAL AQUA VERSI “KEMBALI MURNI #AQUA242” EDISI RAMADHAN 2018 DI MEDIA TELEVISI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Halaman Judul.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.Surat pernyataan.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04.Lembar Pengesahan.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabel.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Iklan sebagai sebuah objek semiotika mempunyai perbedaan mendasar dengan desain yang bersifat tiga dimensional, khusunya desain produk. Iklan mempunyai fungsi komunikasi langsung (direct communication function). Iklan di televisi memiliki kelebihan dibandingkan dengan iklan media cetak, yakni memungkinkan diterimanya tiga kekuatan yaitu narasi, suara dan visual, ketiganya kemudian membentuk sebuah sistem pertandaan yang bekerja untuk mempengaruhi pemirsanya. Demikian juga dengan iklan air mineral Aqua versi “Kembali Murni #Aqua242” edisi Ramadhan 2018, yang ditayangkan pada media televisi diharapkan dapat memberikan pesan secara visualisasi terhadap masyarakat tentang produk yang nantinya akan mendukung pencitraan produk yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui makna pesan yang terkandung dalam iklan air mineral Aqua versi “Kembali Murni #Aqua242” edisi Ramadhan 2018 di media televisi. Dalam analisis data penelitian, penulis sebagai peneliti menggunakan konsep yang dikemukakan oleh Ferdinand Saussure yakni signifier (penanda) adalah bunyi atau coretan bermakna, dan signified (petanda) adalah gambar mental atau konsep sesuatu dari signifier. Hubungan antara keberadaan fisik tanda atau konsep sesuatu mental tanda tersebut dinamakan signification. Dengan kata lain signification adalah upaya memberi makna terhadap dunia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis semiotik dengan pendekatan yang bersifat kualitatif interpretif. Penelitian ini hanya memaparkan situasi atau wacana, tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif, sehingga data bersifat kategori substansif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan dan referensi-referensi ilmiah. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan makna pesan dari iklan air mineral Aqua versi “Kembali Murni #Aqua242” edisi Ramadhan 2018 di media televisi adalah memberikan kesan kepada masyarakat atau khalayak bahwa Aqua sangat peduli terhadap kesehatan, khususnya kondisi tubuh saat menjalani ibadah puasa. Kesan yang ditanam dari pesan iklan Aqua ini dari pandangan peneliti dinilai sangat bermanfaat, karena mengajak khalayak untuk peduli terhadap kesehatan tubuh dengan memulai hal yang sederhana selama berpuasa, yakni membiasakan diri dengan mengkonsumsi asupan yang baik, salah satunya minum air mineral yang cukup dan teratur menggunakan pola 2+4+2. Pola tersebut ialah minum air mineral sebanyak dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari dan dua gelas lagi saat sahur. Namun dalam iklan ini kurang sedikit spesifikasi dalam penyampaian tentang riset atau bukti kandungan produk yang berkaitan atau berpengaruh pada pola 2+4+2 dari para ahli. Kata Kunci : #Aqua242

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44215120128
Uncontrolled Keywords: #Aqua242
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Jul 2019 08:14
Last Modified: 10 Jul 2019 08:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49569

Actions (login required)

View Item View Item