G, ZEFANYA ISABERTHA (2018) ANALISIS RESEPSI GENERASI X DAN Y TERHADAP PERSONAL BRANDING PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM #JKWVLOG DI YOUTUBE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER-ZEFANYA-44213110185.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
8. ABSTRAK-ZEFANYA-44213110185.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
5. DAFTAR TABEL.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
6. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. BAB I-ZEFANYA-44213110185.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB II-ZEFANYA-44213110185.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB III-ZEFANYA-44213110185.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB IV-ZEFANYA-44213110185.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB V-ZEFANYA-44213110185.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA-ZEFANYA-44213110185.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN-ZEFANYA-44213110185.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
Abstract
The use of social media for self-actualization nowadays is a common phenomenon, especially among young people. The development of various new features in social media is enough to attract people’s attention to continue to follow the trend. YouTube is one of those social media with so many users around the world. By using this video-sharing site, there are many user starts uploading their own videos on the site, i.e. musics video, tutorials, and even video blogs (vlogs). Vlog is a personal diary wrapped in a audio visual format, and may called as the latest version of conventional blogging. The President of Indonesian Republic, Mr. Joko Widodo, is also participating in vlog usage as a medium to share his activities. The aim of this study is to comprehensively describe the audience’s reception of Mr. Joko Widodo’s personal branding through #JKWVLOG contents that are uploaded in his YouTube official account. The audience in this research comes from 2 different generations, X and Y. This qualitative research is using constructivist paradigm and will be elaborate with reception analyst method. The data collection will be done through in-depth interview and non-participatory observation. Most of informants in this study stated that the President Joko Widodo is a humble, down-to-earth, and a firm leader. He is also known for his “blusukan” activity. This study found that in giving their reception of Joko Widodo’s personal branding and his strategy to share #JKWVLOG, the informants will elaborate their own understanding, experience and expectations towards him. According to this, it is known that Joko Widodo’s consistency in building his personal branding from the very beginning will be one of factors to be considered by the audience in response of his #JKWVLOG. Penggunaan media sosial sebagai media untuk aktualisasi diri saat ini merupakan fenomena yang sudah sering dijumpai, terutama di kalangan anak muda. Perkembangan berbagai fitur baru di media sosial cukup menarik perhatian setiap netizen untuk terus mengikuti trend tersebut. Salah satu media sosial dengan jumlah pengguna di dunia yang cukup besar adalah YouTube. Melalui situs berbagi video dengan cakupan global ini, ditemukan semakin banyaknya netizen yang memanfaatkan situs ini untuk mengunggah berbagai video, mulai dari video musik, tutorial hingga video blog (vlog). Vlog sendiri merupakan salah satu bentuk catatan pribadi seseorang yang dikemas dalam bentuk video. Presiden Joko Widodo merupakan salah satu pribadi yang ikut serta dalam pemanfaatan vlog sebagai media untuk membagikan kegiatannya kepada khayalak luas. Sosok yang merakyat dan terkenal dengan kegiatan blusukan ini turut ambil bagian dalam tren vlog di kalangan netizen YouTube dengan membuat #JKWVLOG yang berisikan kegiatan yang bersifat kedinasan dan juga sisi kehidupan pribadi Joko Widodo. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai bagaimana resepsi audiens yang berasal dari generasi X dan Y terhadap personal branding Presiden Joko Widodo melalui #JKWVLOG yang diunggah di YouTube. Penelitian deskriptif-kualitatif ini menggunakan paradigma konstruktivistik dan akan dibahas dengan metode analisis resepsi berdasarkan hasil wawancara mendalam dengan audiens. Sebagian besar informan pada penelitian ini menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo merupakan pribadi yang merakyat, apa adanya, tegas dan gemar blusukan. Peneliti mendapati bahwa dalam memberikan pemaknaannya terhadap #JKWVLOG, setiap informan akan melibatkan pengetahuan, pengalaman, dan ekspektasi pribadinya terhadap sosok Presiden Joko Widodo. Berdasarkan hal tersebut, diketahui pula bahwa konsistensi dalam proses personal branding Presiden Joko Widodo merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan audiens dalam menanggapi #JKWVLOG di YouTube
Actions (login required)
View Item |