STRATEGI KOMUNIKASI DIREKTORAT DIPLOMASI PUBLIK KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM BEASISWA SENI DAN BUDAYA INDONESIA (BSBI)

RAHMA, NURUL (2019) STRATEGI KOMUNIKASI DIREKTORAT DIPLOMASI PUBLIK KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM BEASISWA SENI DAN BUDAYA INDONESIA (BSBI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengeshan.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB II)
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
9. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text (BAB V)
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)

Abstract

Socialization is one of the public relations activities that offers knowledge to the target audience. In general, there are three goals that are targeted by a public relations campaign. Social relationships that can be declared successful if the target audience is determined and approved in accordance with what is intended by the socialization. This paper discusses communication strategies carried out by the Directorate of Public Diplomacy at the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia in socializing this prestigious scholarship program. Related, but not limited, is implemented is the implementation of the socialization program. This study uses the theoretical basis of Communication Strategy in the book Muhammad Arni. This research uses qualitative with descriptive research types. The method of this research is by conducting in-depth interviews, document review, and observation. The results of this study discuss the communication strategy carried out by the Directorate of Public Diplomacy of the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia, and also the strategy prepared in this socialization activity is to get to know the audience, arrange messages and connect the methods of socialization used in the BSBI program. This research concludes that the Directorate of Public Diplomacy implements a communication strategy that is in accordance with existing procedures and bureaucracy Sosialisasi merupakan salah satu kegiatan public relations yang bertujuan memberikan pengetahuan kepada khalayak sasarannya. Secara umum, ada tiga tujuan yang menjadi target dari sebuah kampanye public relations. Sebuah sosialisasi public relations dapat dinyatakan berhasil jika khalayak sasarannya akhirnya bertindak dan bersikap sesuai dengan apa yang menjadi maksud sosialisasi tersebut. Karya tulis ini bermaksud meneliti strategi komunikasi yang dilakukan oleh Direktorat Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam menyosialisasikan program beasiswa bergensi ini. Termasuk, namun tak terbatas, di dalamnya adalah implementasi dari program sosialisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan landasan teori Strategi Komunikasi yang ada di dalam buku Muhammad Arni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam, telaah dokumen, dan observasi. Hasil penelitian ini membahas impelmentasi strategi komunikasi yang dilakukan oleh Direktorat Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, dan juga strategi yang disusun Diplik dalam kegiatan sosialiasi ini adalah mengenal khalayak, menyusun pesan dan menetapkan metode sosialisasi yang digunakan dalam program BSBI tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Direktorat Diplomasi Publik melaksanakan strategi komunikasi yang konvensional sesuai dengan prosedur dan birokrasi yang ada

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44213110033
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI DIREKTORAT DIPLOMASI PUBLIK KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM BEASISWA SENI DAN BUDAYA INDONESIA (BSBI)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:11
Last Modified: 27 Jun 2019 03:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49196

Actions (login required)

View Item View Item