APRIYANI, SUSAN SRI (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TAKSI ONLINE “MY BLUEBIRD” DAN “GRAB” TERHADAP CITRA PERUSAHAAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4.LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN _ TANDA LULUS.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5.KATA PENGANTAR.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7.DAFTAR TABEL.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
Abstract
Bluebird and Grab are two professional transportation service companies in Indonesia. The two have been competiting to serve their best to satisfy the customers so the positive image will stay remain. The concept of this research is using theory quoted from Kotler of serving quality and company image by Shirley Harrison. The method is using quantitative approach in possitivm paradigma and comparative study. The survey method is using questionaire and the score of the result has been measured using Likert scale.. The questionaire has been sproud to 77 of Mercu Buana University students of Communication, major of Public Relations in 2015 to 2017 that has been a user of Bluebird Taxi and Grab Car. The data has been processed using SPSS 20 in Person’s correlation, simple linear regretion test, and paired sample t-test. There, we found the strong connection of Taksi Bluebird service quality to the company image for 0.792 and also of the Grabcar for 0.62. It proves the impact of service quality to the company image. The difference is that the contribution of service quality to Bluebird Taxi company is 62.7% and to Grabcar company is 39.4%. It’s because Bluebird Taxi focuses more to the transportation service Keywords : Bluebird, Grab, Service Quality, Company Image. Bluebird dan Grab merupakan dua perusahaan jasa transportasi profesional di Indonesia. Kedua perusahaan tersebut bersaing satu sama lain dengan memberikan kulaitas pelayanan yang terbaik kepada konsumen demi terciptanya citra yang positif. Apabila kualitas layanan yang diberikan baik maka dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen sehingga citra positif dapat terbentuk. Melalui citra yang positif, maka perusahaan dapat terus menjalankan eksistensinya dalam memberikan layanan jasa kepada konsumen. Konsep penelitian ini menggunakan teori yang diungkapkan oleh Kotler tentang kualitas pelayanan dan teori citra perusahaan menurut Shirley Harrison. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme dan studi komparatif. Metode survei dengan penyebaran kuisioner dan pengukuran skor jawaban menggunakan skala likert. Kuisioner disebarkan kepada 77 mahasiswa Universitas Mercu Buana jurusan Ilmu Komunikasi jurusan Public Relations tahun angkatan 2015 s/d 2017 yang pernah menggunakan layanan jasa Taksi Bluebird dan Grabcar. Setelah data terkumpul, diolah dengan menggunakan SPSS 20 menggunakan korelasi person’s, uji regresi linier sederhana dan paired sample t-test. Hasil korelasi menujukan terdapat hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan Taksi Bluebird tdan Grabcar terhadap citra perusahaan sebesar 0,792 dan 0,62. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan Taksi Bluebird dan Grabcar terhadap citra perusahaan. Namun terdapat perbedaan dimana kontribusi kualitas pelayanan Taksi Bluebird terhadap citra perusahaan sebesar 62,7% dan kontribusi kuliatas pelayanan Grabcar terhadap citra perusahaan sebesar 39,4%. Hal ini dapat disebabkan karena Taksi Bluebird lebih fokus pada layanan jasa transportasi. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Citra Perusahaan, Bluebird, Grab
Actions (login required)
View Item |