MAHARANI, INDAH (2018) RESPON PT. GO-JEK INDONESIA DALAM MENGHADAPI DAN MENYELESAIKAN KRISIS (Studi Kasus: Kontroversi Penolakan Ojek Online di Jakarta Selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
PT. Go-Jek Indonesia is an online transportation services provider that experienced various rejection such as protest and jealousy from conventional transportation driver individuals and organizations in the form of beating and attacking each other in various areas, one of them is South Jakarta. This is what makes company needs to take communication and crisis management actions to solve it. The purpose of this study is to know the actions of crisis management and crisis communications conducted by PT. Go-Jek Indonesia in facing and ending the rejection of online drivers in South Jakarta area as well as to find out what causes conventional transportation drivers to refused the presence of online drivers and refused to join and be a part of online drivers company. The methodology used in this research is constructivist paradigm, using case study method and descriptive qualitative research type. Data collection techniques were conducted through in-depth interviews and observations on the response of PT. Go-Jek Indonesia in overcoming and resolving the crisis related to online drivers rejection in South Jakarta area. The results showed that the actions of PT. Go-Jek Indonesia in facing and resolving the crisis of rejection of motorcycles online in South Jakarta area are by deepening the data and facts, positioning the company image to look good in the public eye, preparing crisis center team, and appointing spokesperson based on the context of the issue / conflict. As for crisis prevention, it is done by making formal crisis management plan, communicating crisis with internal and external public of the company, and doing evaluation after crisis. Keywords: Response, Crisis, Crisis Management PT. Go-Jek Indonesia merupakan perusahaan penyedia layanan jasa transportasi online yang mengalami berbagai penolakan berupa protes dan kecemburuan dari ojek pangkalan dan organisasi angkutan darat seperti pemukulan dan aksi saling serang diberbagai daerah, salah satunya yaitu Jakarta Selatan. Hal inilah yang membuat perusahaan perlu melakukan tindakan komunikasi dan manajemen krisis untuk menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan manajemen krisis serta komunikasi krisis yang dilakukan PT. Go-Jek Indonesia dalam menghadapi dan menyelesaikan penolakan ojek online didaerah Jakarta Selatan. Serta untuk mengetahui penyebab para ojek pangkalan dan angkutan umum menolak kehadiran ojek online dan menolak untuk bergabung menjadi mitra perusahaan ojek online. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis, dengan menggunakan metode studi kasus dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi mengenai respon PT. Go-Jek Indonesia dalam mengatasi dan menyelesaikan krisis terkait penolakan ojek online didaerah Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan PT. Go-Jek Indonesia dalam menghadapi dan menyelesaikan krisis penolakan ojek online didaerah Jakarta Selatan yaitu dengan melakukan pendalaman data dan fakta, memposisikan citra perusahaan agar terlihat baik dimata publik, menyiapkan tim crisis centre, serta menunjuk spokeperson berdasarkan pada konteks dari isu/konflik yang terjadi. Sementara pencegahan krisis yang dilakukan yaitu dengan cara membuat rencana manajemen krisis formal, melakukan komunikasi krisis dengan publik internal dan eksternal perusahaan, serta melakukan evaluasi pasca krisis. Kata kunci: Respon, Krisis, Manajemen Krisis
Actions (login required)
View Item |