FITRIANI, SESTI HARKIES (2018) BUDAYA HORENSO SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI ANTARA EKSPATRIAT DENGAN KARYAWAN INDONESIA PADA PERUSAHAAN ITOCHU (Periode Maret 2017-December 2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstraksi.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi budaya Horenso sehingga dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi antara ekspatriat dengan karyawan Indonesia dan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi budaya Horenso sebagai sarana komunikasi antara ekspatriat dengan karyawan Indonesia. Konsep kerangka acuan yang digunakan peneliti adalah dengan karakteristik komunikasi organisasi yang dijelaskan bahwa terdapat 4 karakteristik komunikasi organisasi yang terdiri dari komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas,komunikasi horizontal serta komunikasi diagonal. 4 karakteristik komunikasi organisasi tersebut memiliki keterkaitan dengan budaya komunikasi organisasi Horenso yang diimplementasikan kepada seluruh karyawan perusahaan ITOCHU. Horenso adalah kebudayaan asli dari negara Jepang yang masih lazim digunakan hingga saat ini. Horenso juga merupakan fitur dasar dari organisasi Jepang yang menjadi ciri khas dalam menjalankan kegiatan perusahaan baik internal maupun eksternal. Tujuan komunikasi Horenso adalah untuk mengatasi, mencegah dan mengevaluasi permasalahan yang terjadi di dalam organisasi/perusahaan. Horenso sendiri telah terbukti menjadikan komunikasi di dalam organisasi menjadi lebih baik arah komunikasinya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas serta hubungan antara atasan dan bawahan atau hubungan antar lintas bagian di dalam organisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara secara mendalam kepada narasumber yaitu pihak HRD, karyawan senior, karyawan ekspatriat dan karyawan yang baru saja bergabung di perusahaan Kata Kunci: Horenso, Jepang, Komunikasi sebagai Sarana, Komunikasi Organisasi
Actions (login required)
View Item |