INTERPRETASI REMAJA DALAM MENONTON CUPLIKAN IKLAN MARS PERINDO DI MNC GRUP (Studi Resepsi Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta)

SANTOSO, DWI (2019) INTERPRETASI REMAJA DALAM MENONTON CUPLIKAN IKLAN MARS PERINDO DI MNC GRUP (Studi Resepsi Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAAN)
03.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
04.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Iklan merupakan bagian dari salah satu media komunikasi, berupa sebuah pesan yang berisi ajakan secara persuasif yang ditayangkan berulang kali, agar masyarakat hafal dengan produk yang ditampilkan. Mars Perindo merupakan produk iklan dari partai politik Partai Perindo yang sering diputar di beberapa stasiun televisi yang bernaung dalam MNC Grup. Partai Perindo sendiri dimiliki oleh Hari Tanoesoedibjo yang sekaligus pemilik dari MNC Grup. Tidak mengherankan bila iklan Mars Perindo ini mempunyai beberapa slot yang ditayangkan di stasiun televisi MNC Grup. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara khalayak dalam menginterpretasi cuplikan iklan Mars Perindo di MNC Grup. Iklan Mars Perindo diposisikan sebagai encoding dan interpretasi remaja sebagai decoding. Stuart Hall menyatakan bahwa khalayak mampu memproduksi dan mereproduksi makna. Konsep terpenting yang menjadi awal lahirnya teori resepsi adalah encoding dan decoding. Encoding merupakan proses membuat pesan yang sesuai dengan kode tertentu, sedangkan decoding merupakan proses menggunakan kode untuk memaknai pesan. Proses encoding/decoding sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti usia, jenis kelamin, latar belakang budaya, pendidikan, kelas sosial, dan gaya hidup. Paradigma yang digunakan adalah paradigm konstruktivisme, dengan mennggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah focus group discussion dan wawancara menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yaitu latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda, jenis kelamin, dan usia. Hasil yang diperoleh, khalayak cenderung dalam posisi oposisi terhadap makna yang ditampilkan dalam teks media dibandingkan dengan posisi hegemoni dominan dan negosiasi. Khalayak bersifat aktif dan selektif dalam mengkonsumsi informasi yand disajikan oleh media. Kata kunci : Interpretasi, Mars Perindo, Encoding/Decoding, Khalayak Komunikasi, MNC Grup.

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44113110004
Uncontrolled Keywords: Interpretasi, Mars Perindo, Encoding/Decoding, Khalayak Komunikasi, MNC Grup.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.222 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.224 Verbal Communication/Komunikasi Verbal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 25 Jan 2019 06:57
Last Modified: 25 Jan 2019 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46913

Actions (login required)

View Item View Item