PUTRA, THAUFAN WIDYA (2018) PEMBANGUNAN DAILY SERVICE APPLICATION PADA PT. PLN (PERSERO) KANTOR PUSAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (17kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (955kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
Abstract
General Division is one division in PLN (Persero) Head Office serving the interests of several other divisions in PLN Head Office concerning operational matters, such as the provision of space and consumption for meeting, completeness or room facilities, stationery, to the provision of vehicles which required PLN employees for official purposes. This division also performs recording or recap of work that has been done, either when the applicant wants to borrow or request, until the process of use is done. Currently, reservations are made with the applicant first contacting the General Division to inquire whether the desired room, consumption or vehicle is available. The General Division then checks the requested availability according to the time and condition communicated. If available, the applicant will place an order with details to be sent via email along with an official note or assignment letter (if required). Once the details are received, the request will be recorded in the record of the records kept by the General Division to later become the basis of the final report. Such mechanisms take considerable time and potentially lead to negligence or mismanagement of schedules that will lead to the reschedule and dissatisfaction of the applicant to the Services of the General Division. Web-based general service applications, a tool often used for business process automation and easier access to systems. Data centering that makes business processes run faster makes web-based applications widely used to achieve maximum performance. Therefore, the authors create a web-based application system that can help the work of the General Division to serve applications for boardroom, consumption, stationery, and vehicles. Expected with this application, the application process to be effective and more efficient, able to monitor and provide an actual and accurate report, so the performance quality of the General Division also be optimal. Keywords: General Division, Request, Loan, Meeting Room, Office Stationery, Vehicle, Monitoring, Reports and Web Divisi Umum merupakan salah satu divisi di PLN (Persero) Kantor Pusat yang melayani kepentingan beberapa divisi lainnya di PLN Kantor Pusat yang menyangkut hal-hal operasional, seperti penyediaan ruangan dan konsumsi untuk rapat, kelengkapan atau fasilitas ruangan, alat tulis kantor, hingga penyediaan kendaraan yang diperlukan pegawai PLN untuk kepentingan dinas. Divisi ini juga melakukan pencatatan atau rekap terhadap pekerjaan yang telah dilakukan, baik saat pemohon hendak melakukan peminjaman atau permintaan, hingga proses pemakaian selesai dilakukan. Saat ini, pemesanan dilakukan dengan pemohon terlebih dahulu menghubungi Divisi Umum untuk menanyakan apakah ruangan, konsumsi atau kendaraan yang diinginkan tersedia. Divisi Umum kemudian mengecek ketersediaan yang diminta sesuai dengan waktu dan kondisi yang dikomunikasikan. Jika tersedia, maka pemohon akan melakukan pemesanan dengan rincian yang akan dikirimkan melalui email beserta nota dinas atau surat tugas (bila dibutuhkan). Setelah rincian diterima, maka permohonan akan tercatat dalam catatan riwayat (record) yang disimpan Divisi Umum untuk nantinya dijadikan dasar dari laporan akhir. Mekanisme seperti ini memakan waktu yang cukup lama dan berpotensi menyebabkan terjadinya kelalaian maupun kesalahan pengaturan jadwal yang akan berujung pada reschedule dan ketidakpuasan pemohon terhadap palayanan Divisi Umum. Aplikasi layanan umum berbasis web, merupakan alat bantu yang sering digunakan untuk otomasi proses bisnis dan akses terhadap sistem yang lebih mudah. Pemusatan data yang membuat proses bisnis berjalan lebih cepat menjadikan aplikasi berbasis web banyak digunakan untuk mencapai kinerja yang maksimal. Oleh karena itu, penulis membuat suatu sistem aplikasi berbasis web yang dapat membantu pekerjaan Divisi Umum untuk melayani permohonan atas ruang rapat, konsumsi, alat tulis kantor, dan kendaraan. Diharapkan dengan aplikasi ini, proses permohonan menjadi efektif dan lebih efisien, dapat memonitoring dan memberikan laporan yang aktual dan akurat, sehingga kualitas kinerja Divisi Umum juga menjadi optimal Kata Kunci: PLN, Divisi Umum, Permintaan, Peminjaman, Ruangan, Konsumsi, Alat Tulis Kantor, Kendaraan, Monitoring, Laporan dan Web
Actions (login required)
View Item |