ANALISIS RUAS JALAN DAN KARAKTERISTIK PARKIR DI GEDUNG MENARA THAMRIN JAKARTA PUSAT

SIDDIK, MUHAMMAD LUTHFI (2018) ANALISIS RUAS JALAN DAN KARAKTERISTIK PARKIR DI GEDUNG MENARA THAMRIN JAKARTA PUSAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)

Abstract

Judul : Analisis Ruas Jalan Dan Karakteristik Parkir di Gedung Perkantoran Menara Thamrin,Jakarta Pusat, Nama : Muhamad Luthfi Siddiq, Nim : 41113010082, Dosen Pembimbing Dr. Ir. Nunung WidyaNingsih, Dipl. Eng, 2018 Karena merupakan salah satu gedung perkatoran yang terbesar di Jakarta dan letaknya berada di pusat kota sehingga menyebabkan kepadatan kendaraan untuk akses ke Menara Thamrin sendiri. Selain itu letak pintu masuk hanya ada satu akses yaitu terletak di bagian depan gedung. Untuk itu Menara Thamrin membutuhkan ruang parkir yang memadai serta aksesbilitas yang baik. Hal ini menuntut ketersediaan lahan dan pengelolaan manajemen perparkiran dan lalu lintas yang baik. Jalan KH Wahid Hasyim 1 dan KH Wahid Hasyim 2 merupakan salah satu akses jalan utama menuju gedung perkantoran Menara Thamrin, pada ruas jalan ini sering kali mengalami kemacetan lalu lintas yang di sebabkan oleh meluapnya volume kendaraan yang melintas pada jam-jam tertentu. Untuk memprediksi kebutuhan parkir dilakukan evaluasi dari hasil karakteristik parkir yang meliputi kapasitas parkir, volume parkir, pola sudut parkir, akumulasi parkir, indeks & PTO beserta prediksi kebutuhan parkir. Untuk ruas jalan, adapun survei yang dilakukan adalah pengumpulan data primer yaitu berupa data geometrik jalan, volume kendaraan serta hambatan samping, menggunakan penelitian sesuai dengan ketentuan Manual Kapasita Jalan Indonesia (MKJI 1997). Akumulasi parkir terbesar untuk mobil terjadi pada hari Selasa sebanyak 432 kendaraan terjadi antara pukul 12.00 – 13.00, sedangkan untuk motor pada hari Selasa 227 kendaraan terjadi pukul 11.00- 12.00. Durasi rata-rata parkir terbesar adalah 5 jam untuk parkir mobil dan untuk motor adalah 5 jam. Indeks Parkir kendaraan mobil pada hari Jumat sebesar 27,9 % dan Selasa 39,2 %, sedang kendaraan motor pada hari Jumat 68,7 % dan Selasa 44,5 %. Parkir turn over terbesar adalah 1-2 kendaraan /SRP/hari untuk mobil dan 1-2 kendaraan /SRP/hari untuk motor. Dilihat dari analis Ruas jalan KH Wahid Hasyim 1 dan KH Wahid Hasyim 2 untuk kecepatanan survey di jam puncak Pagi dan Sore di dapatkan tingkat pelayanan atau Level of Service (LOS) yaitu F dan membutuhkan penanganan serius untuk mengurangi kemacetan. Kata Kunci : Volume parkir, Akumulasi parkir, Indeks parkir, Durasi parkir dan PTO, Kebutuhan parkir, Ruas Jalan, Tingkat Pelayanan, MKJI 1997

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 034
Call Number: ST/11/18/133
NIM/NIDN Creators: 41113010082
Uncontrolled Keywords: Volume parkir, Akumulasi parkir, Indeks parkir, Durasi parkir dan PTO, Kebutuhan parkir, Ruas Jalan, Tingkat Pelayanan, MKJI 1997
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.4 City Planning/Tata Kota > 711.41 Plans based on Street Patterns/Rencana berdasarkan Pola Jalan Tata Kota
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 721 Architectural Structure/Struktur Arsitektur
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 721 Architectural Structure/Struktur Arsitektur > 721.8 Other Elements/Elemen Lainnya > 721.84 Extensions/Jalan Pintas
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 13 Nov 2018 03:58
Last Modified: 07 Sep 2022 07:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45564

Actions (login required)

View Item View Item