PENGARUH PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Pada Jalan W. R. Supratman Tangerang Selatan)

PANGESTU, HAKIKI GUSTI (2018) PENGARUH PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus Pada Jalan W. R. Supratman Tangerang Selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)

Abstract

South Tangerang City has the highest population in Banten province with a population of 1.593.812 people and population growth rate of 3.28% in 2016. With increasing population and rapid economic growth, it needs a comparable transportation service to support all the activities of surrounding communities. The problem with this road segment is the low-level of road service and congestion due to the crossing between road and railway track. This research uses field survey method with direct observation in the field to get the required data. To determine the level of road service is used MKJI 1997 and LOS method refers to permenhub number KM 14 in 2006, while to calculate the length of queue and the time normalization that occurs due to the closure of the railway bar using the theory of shock wave. Based on the result of performance analysis of road segment W. R. Supratman Monday 30th april in the morning and evening on post 2 produce degree of saturation ≥ 0.8. The longest queue length occurs on Monday april 30th 2018 in the morning with the traffic flow on post 2 direction 1 towards the railway bar with queue length Qm = 681.89m and normalization time T = 544.13 seconds due to the closing duration of the railway bar r = 129 seconds. With the closing of railway bar worsening road performance. Keywords : Degree of saturation, Level of Service, Shock wave, Queue length, Time normalization Judul : Pengaruh Perlintasan Kereta Api Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Pada Jalan W. R. Supratman Tangerang Selatan) Nama : Hakiki Gusti Pangestu (41114010031), Pembimbing : Ir. Sylvia Indriany, MT, Tahun 2018 Kota tengerang Selatan memiliki jumlah penduduk tertinggi di Provinsi Banten yaitu dengan jumlah penduduk mencapai 1.593.812 jiwa dan laju pertumbuhan penduduk mencapai 3,28 % pada tahun 2016. Dengan bertambahnya jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang pesat, maka dibutuhkan pelayanan tranportasi yang sebanding untuk menunjang segala aktivitas masyarakat sekitar. Masalah pada ruas jalan ini adalah rendahnya tingkat pelayanan prasarana jalan raya dan kemacetan karena adanya pertemuan antara jalan raya dan perlintasan kereta api. Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan dengan malakukan pengamatan langsung di lapangan untuk mendapatkan data – data yang dibutuhkan. Untuk menentukan kinerja ruas jalan digunakan metode MKJI 1997 dan LOS mengacu pada permenhub nomor KM 14 tahun 2006, sedangkan untuk menghitung panjang antrian dan waktu penormalan yang terjadi akibat penutupan palang pintu kereta api menggunakan teori gelombang kejut. Berdasarkan hasil analisis kinerja ruas jalan W. R. Supratman pada senin 30 april pagi dan sore hari pada pos 2 menghasilkan derajat kejenuhan ≥ 0.8. Panjang antrian terpanjang terjadi pada hari senin 30 april 2018 pada pagi hari dengan arus lalulintas pada pos 2 arah 1 yang menuju palang pintu kereta api dengan panjang antrian Qm = 681.89m dan waktu penormalan T = 544.13 detik diakibatkan oleh penutupan palang pintu kereta api pada jam 07:12 dengan durasi penutupan palang pintu kereta 129 detik. Dengan adanya penutupan palang pintu kereta api ini maka kinerja jalan menjadi lebih buruk. Kata Kunci : Derajat kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Gelombang kejut, panjang antrian, waktu penormalan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 077
Call Number: ST/11/18/081
NIM: 41114010031
Uncontrolled Keywords: Derajat kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Gelombang kejut, panjang antrian, waktu penormalan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 13 Nov 2018 03:42
Last Modified: 10 Oct 2019 08:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45562

Actions (login required)

View Item View Item