PERMATASARI, HERNILA (2018) ANALISIS ERGONOMI SISTEM KEMUDI HYBRID URBAN KMHE 2018. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul 1.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
7. Abstract.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
6. Abstaksi.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. LEMBAR PENGHARGAAN.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
8. DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
||
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
Abstract
Perkembangan dunia otomotif sangat pesat dan mempengaruhi kehidupan hampir seluruh manusia. Pada tahun 2012 hingga sekarang, telah diadakan banyak kontes mobil hemat energi. Karena itu, setiap universitas berlomba-lomba mengikuti kontes mobil hemat energy tersebut. Ada regulasi khusus yang ditetapkan dalam kontes tersebut. Salah satunya adalah regulasi mengenai sistem kemudi. Dengan adanya regulasi tersebut, dikhawatirkan adanya ketidak ergonomisan pada sistem kemudi tersebut. Dengan mengambil data anthropometri orang Indonesia dan pengaplikasian metode RULA pada perangkat lunak CATIA, didapatlah analisis bahwa keadaan pertama mobil hybrid urban KMHE belum ergonomis karena nilai jangkauan cederanya lebih dari 2. Setelah melakukan pergeseran pada jok mobil hybrid urban KMHE barulah didapatkan posisi yang dinilai cukup ergonomic karena jangkauan nilai cedera pada posisi tersebut kurang atau sama dengan 2. Kata Kunci : Ergonomi, Sistem Kemudi, Mobil Hybrid, KMHE, Software CATIA V5
Actions (login required)
View Item |