PENGARUH SETTING RUANG TERHADAP PERILAKU DALAM RUANG KELAS PADA DUA SETTING KELAS YANG BERBEDA

KHURNIAWATI, PUTRI (2018) PENGARUH SETTING RUANG TERHADAP PERILAKU DALAM RUANG KELAS PADA DUA SETTING KELAS YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) merupakan tempat belajar dan bermain anak berusia 4-6 atau 7 tahun (usia tergantung dengan aturan pendidikan yang diterapkan di masing-masing TK), berada dalam masa usia emas (golden age). Dimana segala sesuatunya sangat berharga, baik fisik, emosi, intelektualnya. Penyediaan ruang di Sekolah Tk berperan sebagai penyalur kegiatan bagi murid, sehingga setting ruang sekolah sangat mempengaruhi studi gerak fisik murid TK, gerak fisik di sini adalah gerak dalam perpindahan antar ruang belajar secara rutin, jadi bukan gerakan di dalam ruang belajar. Seperti contohnya Tk Nurul Huda, Kp. Bitungjaya, Ds. Dukuh, Kec.Cikupa, Kab. Tangerang dan TKIT Syahida Kp. Dukuh, Ds. Dukuh,Kab. Tangerang, selain dari bentuk desain yang berbeda antara sekolah TK yang dibangun khusus dan yang menempati bangunan bekas rumah tinggal mempunyai perbedaan menyangkut kuantitas ruang belajar yang digunakan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu sejauh mana pengaruh setting ruang terhadap perilaku murid TK A pada dua setting sekolah yang berbeda. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah Kualitatif, dimana untuk metode pengumpulan data Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini terbagi atas 2 jenis, yakni data primer dan data sekunder, data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuisioner sedangkan data sekunder merupakan data yang telah tersedia oleh pihak lain sehingga tidak perlu dikumpulkan secara langsung dari sumbernya. Untuk metode analisa data yang dilakukan dalam penilitian ini adalah secara kualitatif dan kuantitatif, dimana data yang diperoleh dari pengumpulan data tersebut kemudian disusun dan dianalisa dengan cara korelasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa bentuk setting mempengaruhi perilaku yang terjadi didalam ruang kelas. Ruang terpusat dan linier memiliki selisih sekitar 0,2-0,8 setiap aspeknya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/ARS. 18 082
NIM: 41213110076
Uncontrolled Keywords: SETTING RUANG, RUANG KELAS, DUA SETTING KELAS
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 110 Metaphysics/Metafisika > 114 Space/Ruang
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 747 Interior Decoration/Dekorasi Interior, Desain Interior > 747.7 Decoration of Specific Rooms/Dekorasi Interior Ruang Khusus Lainnya
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 747 Interior Decoration/Dekorasi Interior, Desain Interior > 747.7 Decoration of Specific Rooms/Dekorasi Interior Ruang Khusus Lainnya > 747.73 Studies/Ruang Belajar
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 16 Jul 2018 03:12
Last Modified: 12 Oct 2018 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43690

Actions (login required)

View Item View Item