KHURNIAWATI, PUTRI (2017) PENGARUH SETTING RUANG TERHADAP PERILAKU DALAM RUANG KELAS PADA DUA SETTING KELAS YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (935kB) |
||
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
||
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) merupakan tempat belajar dan bermain anak berusia 4-6 atau 7 tahun (usia tergantung dengan aturan pendidikan yang diterapkan di masing-masing TK), berada dalam masa usia emas (golden age). Dimana segala sesuatunya sangat berharga, baik fisik, emosi, intelektualnya. Penyediaan ruang di Sekolah Tk berperan sebagai penyalur kegiatan bagi murid, sehingga setting ruang sekolah sangat mempengaruhi studi gerak fisik murid TK, gerak fisik di sini adalah gerak dalam perpindahan antar ruang belajar secara rutin, jadi bukan gerakan di dalam ruang belajar. Seperti contohnya Tk Nurul Huda, Kp. Bitungjaya, Ds. Dukuh, Kec.Cikupa, Kab. Tangerang dan TKIT Syahida Kp. Dukuh, Ds. Dukuh,Kab. Tangerang, selain dari bentuk desain yang berbeda antara sekolah TK yang dibangun khusus dan yang menempati bangunan bekas rumah tinggal mempunyai perbedaan menyangkut kuantitas ruang belajar yang digunakan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu sejauh mana pengaruh setting ruang terhadap perilaku murid TK A pada dua setting sekolah yang berbeda. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah Kualitatif, dimana untuk metode pengumpulan data Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini terbagi atas 2 jenis, yakni data primer dan data sekunder, data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuisioner sedangkan data sekunder merupakan data yang telah tersedia oleh pihak lain sehingga tidak perlu dikumpulkan secara langsung dari sumbernya. Untuk metode analisa data yang dilakukan dalam penilitian ini adalah secara kualitatif dan kuantitatif, dimana data yang diperoleh dari pengumpulan data tersebut kemudian disusun dan dianalisa dengan cara korelasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa bentuk setting mempengaruhi perilaku yang terjadi didalam ruang kelas. Ruang terpusat dan linier memiliki selisih sekitar 0,2-0,8 setiap aspeknya.
Actions (login required)
View Item |