USULAN PENERAPAN LEAN CONSTRUCTION PADA PENGELOLAAN PROYEK DI PT. WIKA

Hartaty, Sri (2013) USULAN PENERAPAN LEAN CONSTRUCTION PADA PENGELOLAAN PROYEK DI PT. WIKA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. ABSTRAK (sidang final).pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 (sidang final).pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2 (sidang final).pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 (sidang final).pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4 (sidang final).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 (sidang final).pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB 6 (sidang final).pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberi usulan dalam pengelolaan proyek dengan menggunakan konsep Lean Construction melalui last planner system for production control dan work structuring agar dapat meningkatkan kehandalan perencanaan proyek. Proyek XYZ adalah proyek dengan kerumitan atau kompleksitas tinggi, sehingga berpotensi mengalami keterlambatan yang disebabkan banyak faktor seperti material, tenaga kerja, peralatan, perencanaan yang kurang handal, keterlambatan pekerjaan subkon, koordinasi yang lemah, dan lain-lain. Dalam rangka menghindarkan proyek dari keterlambatannya, maka upaya yang dilakukan tim proyek XYZ adalah melakukan program percepatan proyek berupa penambahan waktu kerja (lembur) yang akan mengurangi keseluruhan durasi waktu dan mempercepat pekerjaan hingga 30%. Demikian juga dengan penggunaan sistem kerja shift dapat mereduksi durasi waktu dan mempercepat pekerjaan hingga 50% dari rencana yang ditetapkan. Menurut LCI (Lean Construction Institute) yang disampaikan oleh Abduh (2007) bahwa pemborosan pada proyek konstruksi umumnya sekitar 57%, hal tersebut diperkuat oleh hasil identifikasi terhadap 31 non value added activities yang berpotensi menjadi sumber pemborosan di proyek XYZ. Salah satu solusi dalam mereduksi waste yaitu membuat perencanaan proyek yang handal melalui last planner system for production control dan work structuring. Kehandalan perencanaan proyek XYZ ditandai dengan nilai PPC (percent planned completed) sebesar 77.78%, hal ini berarti non value added activities yang ada di proyek XYZ bisa direduksi seiring dengan pergerakan positif progress pekerjaan, sehingga proyek XYZ dapat mengurai “pekerjaan menunggu” hingga 52% dari bulan Agustus sampai dengan Desember 2012 melalui indikator task completed setiap bulannya. Hasil integrasi desain “product-process” (supply chain, product, process & operation) pada remaining works, memberi dampak positif bagi indikator kinerja QCDS (quality, cost, delivery time & safety). Namun juga memberi dampak negatif pada kinerja biaya karena adanya penambahan biaya secara keseluruhan. Dengan demikian, adanya integrasi pada desain product-process terhadap kinerja QCDS membuat “pekerjaan yang berpotensi terlambat” menjadi “on time schedule”, karena adanya 12 terobosan yang dilakukan proyek XYZ terkait pengintegrasian tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-13-010
Call Number: 53/MTI/2013/12
NIM/NIDN Creators: 55310120010
Uncontrolled Keywords: Lean Construction, Waste, Last Planner System for production control, Work Structuring, PPC (percent planned completed), Lean Construction, Waste, Last Planner System for production control, Work Structuring, PPC (percent planned completed).
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 05 Jul 2018 02:36
Last Modified: 12 Jul 2022 01:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43513

Actions (login required)

View Item View Item