PERLAKUAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS TRANSAKSI PENGALIHAN UNIT USAHA

Rejeki, Indah Sri (2013) PERLAKUAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS TRANSAKSI PENGALIHAN UNIT USAHA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. Hal Cover.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. Abstraksi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB 2)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB 3)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB 4)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB 5)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB 6)
8. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
9. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Seiring dengan globalisasi yang telah mengikis batasan antar negara sehingga mendorong perkembangan investasi global yang ditandai dengan tumbuhnya grup perusahaan di berbagai belahan dunia. Dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja grup, salah satu caranya yang sering dilakukan adalah dengan restrukturisasi usaha. Pengalihan unit usaha dalam satu grup merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh. Terjadinya penyerahanan aset dalam pengalihan unit usaha berpengaruh pada kewajiban perpajakan terutama Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Secara teori, perlakuan PPN seharusnya bersifat netral tidak mendistorsi suatu transaksi yang dapat menyebabkan perlakuan yang berbeda atas transaksi yang sejenis. Ketidakjelasan aturan mengenai transaksi pengalihan unit usaha seringkali menyebabkan perbedaan penafsiran mengenai kewajiban PPN. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan studi lapangan melalui wawancara yang mendalam dengan narasumber yang berkompeten. Secara khusus penelitian ini menyoroti tentang perlakuan PPN atas transaksi pengalihan suatu unit usaha dalam rangka restrukturisasi grup perusahaan yang bertujuan untuk pengembangan bisnis. Melalui business test maka ada satu asas yang tidak terpenuhi yaitu asas continuity sehingga penyerahan unit usaha ini tidak memenuhi semua unsur penyerahan yang terutang PPN. Namun pemungutan pajak haruslah berbasis pada peraturan, apabila suatu undang-undang telah ditetapkan oleh suatu Negara maka yang berlaku adalah itu terlepas undang-undang tersebut bertentangan dengan teori mengenai perpajakan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: MAKSI/2013/IND/p
NIM/NIDN Creators: 55508120022
Uncontrolled Keywords: pengalihan unit usaha, Pajak Pertambahan Nilai.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 336 Public Finance/Keuangan Negara > 336.2 Taxes and Taxation/Pajak dan Perpajakan
Divisions: Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 06 Jul 2018 03:13
Last Modified: 06 Jul 2018 03:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43503

Actions (login required)

View Item View Item