WAHJONO, DANI SISWARDHANI (2013) KOMODIFIKASI NILAI-NILAI KELUARGA PADA IKLAN PEPSODENT VERSI “GANTIAN DONK!” (Analisis Semiotika Roland Barthes). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (COVER)
01. Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Pernyataan, Kata Pengantar _ Daftar Isi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstract.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
03. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
Text (BAB 2)
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 3)
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (BAB 4)
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text (BAB 5)
07. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka, Lampiran _ Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
Abstract
Iklan pada dasarnya memiliki suatu pesan, dan pesan tersebut banyak dikemas dengan menggunakan kode-kode atau simbol-simbol. Iklan juga pada dasarnya mempunyai ideologi yang mendasar dan isi konten pada iklan terkadang juga memberikan nilai-nilai guna dari sebuah produk. Akan tetapi nilai guna ini berubah menjadi nilai tukar, baik dari segi produk ataupun dari segi cerita dan karakter pada iklan tersebut. Fokus tesis ini adalah mengungkap bagaimana bentuk komodifikasi nilai-nilai keluarga dan membongkar mitos serta ideologi yang terdapat pada iklan Pepsodent versi “Gantian Donk!” dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Teori yang mendasari penelitian ini adalah semiotika, terutama semiotika Roland Barthes yang membongkar mitos serta ideologi dari sebuah makna, dan teori ekonomi politik media yang mengkhususkan pada praktek komodifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mitos yang tercipta merupakan praktek sosial (keluarga sehat) berubah menjadi praktek materialisme. Praktek materialisme menjelaskan bahwa kesehatan gigi bergantung pada sebuah produk yang bernama Pepsodent. Ideologi yang terbongkar dalam mitos ini adalah kapitalisme, dan proses komodifikasi terjadi pada isi konten, dimana keluarga yang ditayangkan bukan lagi menjadi nilai guna dari produk melainkan menjadi nilai tukar dari sebuah produk, yaitu Pepsodent.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-13-008 |
Call Number: | MKOM/2013/DAN/K(np) |
NIM/NIDN Creators: | 55211110106 |
Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi, Iklan Televisi, Semiotika, Commodification, Television Commercial, Semiotic, MEDIA, Manajemen Bisnis dan Industri Media |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:07 |
Last Modified: | 11 May 2023 08:53 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43473 |
Actions (login required)
View Item |