POLA KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PADA SEKOLAH INKLUSIF (Studi Kasus Metode Pembelajaran Active Learning pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas TK.A di Sekolah Gema La Roche Jakarta)

Angreni, Hanny (2013) POLA KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PADA SEKOLAH INKLUSIF (Studi Kasus Metode Pembelajaran Active Learning pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas TK.A di Sekolah Gema La Roche Jakarta). S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
Hal Cover.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil dari penelitian berjudul “Pola Komunikasi Instruksional pada Sekolah Inklusif (Studi kasus metode pembelajaran active learning pada anak berkebutuhan khusus kelas TK.A di Sekolah Gema La Roche Jakarta)” dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi instruksional dengan menggunakan metode pembelajaran active learning dalam pembelajaran di Sekolah Inklusif TK. Gema La Roche Jakarta? Sekolah Inklusif merupakan sekolah formal gabungan antara siswa normal dengan siswa berkebutuhan khusus. Saat belajar mengajar di dalam kelas berlangsung, guru tidak membedakan adanya ABK dengan siswa normal, guru memperlakukan ABK sama dengan siswa normal. Komunikasi Instruksional adalah komunikasi pembelajaran yang berlangsung antara guru dengan siswa saat belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan instruksional untuk penambahan informasi, informasi yang disampaikan secara oral oleh pengajar disampaikan kepada anak didik untuk dapat ditafsirkan sesuai dengan sasaran. Informasi yang dilakukan secara verbal maupun verbal dapat terlaksana dengan baik di Sekolah Gema La Roche. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian menggunakan metode kualitatif studi kasus bertujuan untuk memahami obyek yang ditelitinya. Menggunakan paradigma kontrukstivis teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi secara langsung. Penelitian ini berhasil dilakukan karena adanya keberhasilan yang dilakukan oleh guru kelas TK.A di Sekolah Gema La Roche kepada anak berkebutuhan khusus. Data diinterpretasikan adanya pola-pola komunikasi instruksional yang terlaksana di dalam kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pola komunikasi yang terbangun antara guru, siswa normal, dan siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Gema La Roche. Pola komunikasi yang terjadi di dalam kelas didukung pula oleh metode pembelajaran yang dipakai oleh guru kelas TK.A yaitu metode active learning. Metrode pembelajaran secara active learning yang dibuat oleh guru Sekolah Gema La Roche ini guna membangun semangat siswa dalam meningkatkan keaktifan dalam proses belajar mengajar, dan siswa mendapatkan metode pembelajaran yang sifatnya menyenangkan, dengan bertujuan siswa lebih dapat menerima materi yang diajarkan oleh guru kelas.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: MKOM/2013/HAN/p
NIM: 55210110020
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:16
Last Modified: 05 Jul 2018 04:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43468

Actions (login required)

View Item View Item