Utami, Retno Sri (2018) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM SOSIALISASI PENGETAHUAN BELA NEGARA KEPADA SISWA SMAN 111 JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.cover.pdf Download (940kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
03.bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
04. bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
05.bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
06.bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
07.bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya komunikasi dalam dunia pendidikan. Pengetahuan politik sejak awal seharusnya ditanamkan pada generasi muda karena pada saatnya nanti merekalah ujung tombak negara ini. Fokus dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang dilakukan guru saat mensosialisasikan pengetahuan bela negara di SMAN 111 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi interpersonal guru dan ketertarikan guru kepada siswa saat sosialisasi pengetahuan bela negara di SMAN 111 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis yang menggunakan metode penelitian studi kasus eksplanatoris, menggunakan teori komunikasi interpersonal dan attraction theory, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam (in depth interview).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi komunikasi interpersonal saat sosialisasi pengetahuan bela negara di SMAN 111 Jakarta; Komunikasi interpersonal bisa mengubah sikap, pendapat atau perilaku siswa siswi;Persepsi guru PKn dipengaruhi oleh kebudayaan, jenis kelamin dan gender, faktor-faktor fisik, teknologi dan konsep diri; Komunikasi interpersonal yang dilakukan guru PKn dirasakan efektif; Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan Paskibra bisa membuat unsurunsur bela negara lebih tertanam dalam diri siswa siswi. Tidak semua faktor dalam Attraction Theory sama atau sesuai dengan keadaan guru PKn SMAN 111 Jakarta.
Actions (login required)
![]() |
View Item |