AKHIRUDIN, AKHIRUDIN (2012) STRATEGI MARKETING POLITIK GERINDRA MELALUI MEDIA TELEVISI ( STUDI KASUS TTG MARKETING POLITIK PARTAI GERINDRA MELALUI MEDIA TELEVISI UNTUK MENINGKATKAN CITRA PORISTIF PARTAI). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
Cover Lgkp.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak 01.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Lgkp.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
Abstract
Saat ini muncul kesadaran partai politik bahwa dalam meningkatkan image politik partai adalah dengan memanfaatkan media televisi, dengan pertimbangan efisiensi dan keefektivitasannya dalam menjangkau masyarakat luas. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran tentang alasan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memilih media televisi sebagai salah satu media kampanye, strategi marketing politik apa yang digunakan, dalam meningkatkan image positif partai. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif, yang bersifat interpretif (penafsiran) dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, display, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian adalah penayangan iklan politik Partai Gerindra pada media televisi sebagai strategi marketing politik, didasarkan karena Gerindra merupakan partai pendatang baru. Strategi marketing yang digunakan adalah penanyangan iklan positif dan iklan kritis. Di samping itu strategi lain yang digunakan adalah artistik iklan yang baik, pencitraan figur Prabowo Subianto dan kegiatan kunjungan langsung kepada DPC (Dewan Pimpinan Cabang) dan PAC (Pimpinan Anak Cabang). Ternyata, strategi penayangan iklan politik televisi tersebut meningkatkan image partai sebanyak 84% dikenal oleh masyarakat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-12-009 |
Call Number: | 52/MKP/2012/15 |
NIM/NIDN Creators: | 55207110021 |
Uncontrolled Keywords: | strategi marketing politik, media televisi, partai Gerindra, MEDIA, Manajemen Bisnis dan Industri Media |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Virda Syifa |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 03:12 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:56 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43290 |
Actions (login required)
View Item |