STARTEGI EVENT MAJALAH CINTA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi Kasus: Acara Belanja Heboh Cita Cinta 2011)

AULIKA, TUSSIE (2012) STARTEGI EVENT MAJALAH CINTA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi Kasus: Acara Belanja Heboh Cita Cinta 2011). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (Bab 2)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (Bab 3)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (Bab 4)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (Bab 5)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Menjamurnya majalah di Indonesia membuat tingkat persaingan antar majalah semakin tinggi, sehingga majalah berlomba untuk mencari cara menarik perhatian pembaca. Salah satu cara yang dilakukan adalah membuat event atau acara tahunan yang menjadi acara khusus majalah tersebut. Diselenggarakannya acara tahunan oleh para pengelola majalah tersebut dimaksudkan agar para pembaca bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan pengalaman mereka selama ini (hanya sebagai pembaca). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang strategi event yang dilakukan majalah Cita Cinta dalam menciptakan kepuasan pengunjung acara Belanja Heboh Cita Cinta 2011. Dalam pelaksanaan event, diperlukan suatu strategi event untuk mencapai target atau tujuan event yang telah ditetapkan oleh penyelenggara event. Pada penelitian ini, strategi yang digunakan adalah strategi promosi dan strategi marketing untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu melalui tahap pra-event, event, dan pasca-event. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang memberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus. Teknik pengumpulan data berupa data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam (indepth interview) yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari tim penyelenggara acara Belanja Heboh Cita Cinta 2011 yang mengetahui proses pelaksanaan acara tersebut, serta dengan melakukan observasi atau pengamatan secara langsung. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi dan data-data tertulis yang diperoleh dari panitia acara Belanja Heboh Cita Cinta 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah Cita Cinta dalam membuat strategi event Belanja Heboh Cita Cinta 2011 lebih menitikberatkan pada strategi promosi dan strategi marketing, yang mengacu pada konsep POAC (Planning atau Perencanaan, Organizing atau Pengorganisasian, Actuating atau Pelaksanaan, dan Controlling atau Pengawasan) dalam menciptakan kepuasan pengunjung.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-12-005
Call Number: MKOM/2012/TUS/s
NIM/NIDN Creators: 55206120022
Uncontrolled Keywords: MEDIA, Manajemen Bisnis dan Industri Media
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:21
Last Modified: 20 Jul 2022 03:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43287

Actions (login required)

View Item View Item