ANALISIS WORKABILITAS dan KEKUATAN CAMPURAN PERKERASAN KAKU DENGAN BAHAN ADDITIVES FLY ASH dan POZZOLITH 425 R -BASF

KURNIAWAN, AGUNG (2018) ANALISIS WORKABILITAS dan KEKUATAN CAMPURAN PERKERASAN KAKU DENGAN BAHAN ADDITIVES FLY ASH dan POZZOLITH 425 R -BASF. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
05.Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02.lembar pernyataan.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06..DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
08.DAFTAR TABEL.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB II)
010.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (BAB III)
011.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text (BAB IV)
012.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text (BAB V)
013.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
014.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
015.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Konstruksi perkerasan jalan umumnya terbagi atas dua jenis yaitu perkerasan lentur (flexible pavement) dan perkerasan kaku (rigid Pavement). Kinerja dari kedua perkerasan tersebut ditentukan berdasarkan keamanan dan kenyamanan mengemudi (riding quality) terhadap fungsi jalan. Penelitian ini dimaksudkan Mengetahui karakter beton dengan penambahan bahan pengganti sebagian semen dengan Fly Ash dan bahan tambah yang beragam. Agregat yang digunakan pada penelitian ini adalah agregat halus yang diambil dari galian tambang pasir Rumpin, Bogor. Sedangkan untuk agregat kasar (krikil) diambil dari penambangan batu Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Untuk semen Portland menggunakan produk dari Indocement Tiga Roda Tipe I. Untuk bahan tambahan berupa abu terbang (fly ash) didapat dari PT. FARIKA BETON dan zat aditif yang digunakan yaitu POZZOLITH 425 R BASF. Presentase pada pembuatan benda uji dengan menggunakan Fly Ash 3%, 5%, 7%. Kuat tekan pada umur 3, 7, 14 dan 28 hari.Pengujian benda uji menggunakan benda uji kubus 15x15x15 cm untuk kuat tekan dan 5x5x5cm untuk Los Angeles Test beton dan Aggregate Impact Value Test beton. Penggunaan zat aditif sebagai bahan tambahan beton sebanyak 0.5%, 1%, 1,5% setelah didapatkan penggunaan Fly Ash dengan kuat tekan tertinggi. Metode perhitungan yang digunakan adalah SNI 03-2834-1993. Untuk mencapai kuat tekan yang disyaratkan, campuran harus diproporsikan sedemikian rupa sehingga kuat tekan rata-rata dari hasil pengujian di lapangan lebih tinggi dari pada kuat tekan yang disyaratkan (f’c). Penelitian menunjukan bahwa bahan material layak untuk dijadikan campuran beton. Penggunaan abu terbang (fly ash) berpengaruh terhadap nilai kuat tekan beton, dimana pada penelitian ini semakin banyak presentase penggunaan fly ash yang digunakan nilai kuat tekan beton semakin tinggi, akan tetapi lebih rendah dari beton normal, dan pemakaian aditif sangat berpengaruh pada pada nilai kuat tekan beton, pada penelitian ini penggunaan aditif dengan presentase paling besar membuat nilai kuat tekan semakin rendah akan tetapi lebih tinggi dari beton normal, Penggunaan abu terbang (fly ash) tidak berpengaruh besar terhadap nilai slump, sedangkan aditif mempengaruhi nilai slump karena semakin banyak penggunaan aditif maka campuran beton semakin encer tetapi lebih cepat mengeras. Sedangkan pada nilai keausannya semakin banyak penggunaan Fly Ash maka nilai keausan semakin tinggi kemudian semakin banyak penambahan aditif semakin tinggi keausan beton. Pada pengujian Aggregate Impact Value test semakin banyak penggunaan Fly Ash maka nilai kuat terhadap tumbukan semakin rendah, semakin banyak penambahan aditif semakin rendah nilai kuat terhadap tumbukan beton. Jika mengacu kepada SNI T14-2003 campuran beton dengan sebagian bahan pengganti fly ash 7 %dan bahan tambah additif 0.5% bahwa telah memenuhi standar Kata Kunci: Perkerasan kaku, Campuran Beton, Slump, Los Angles Test, Aggregate Impact Value Test, Kuat Tekan Beton.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 18 010
NIM: 41113010048
Uncontrolled Keywords: Perkerasan kaku, Campuran Beton, Slump, Los Angles Test, Aggregate Impact Value Test, Kuat Tekan Beton.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:39
Last Modified: 28 Sep 2018 03:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43247

Actions (login required)

View Item View Item