ANALISA PASOKAN AIR BAKU DARI BENDUNG CURUG PADA SALURAN TARUM BARAT (STB) BERDASARKAN KESEIMBANGAN AIR

Prasasti, Galuh (2012) ANALISA PASOKAN AIR BAKU DARI BENDUNG CURUG PADA SALURAN TARUM BARAT (STB) BERDASARKAN KESEIMBANGAN AIR. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover Lengkap.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. Hal Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
5. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (Bab 2)
6. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (Bab 3)
7. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (Bab 4)
8. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustakaan Jadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Menjaga ketersediaan air baku pada Bendung Curug yang memasok kebutuhan air baku wilayah kabupten Karawang sampai Jakarta melalui keseimbangan input dan output pada Saluran Tarum Barat (STB) merupakan masalah yang sangat krusial saat ini, sedangkan sumber air baku itu sendiri kondisinya tetap bahkan cenderung menurun baik secara kuantitas maupun kualitas. Adapun saat ini pasokan kebutuhan air baku yang terbesar dilakukan oleh perusahaan Perum Jasa Tirta II selaku pengelola tunggal Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang memberikan konstribusi 95 % dari total kebutuhan air baku dengan sistem pengaliran saluran terbuka dari bendungan Jatiluhur Purwakarta sampai dengan Jakarta. Tetapi seiring dengan pertumbuhan populasi penduduk terutama Jakarta dan sekitarnya yang semakin pesat juga meningkatnya pertumbuhan industri daerah Karawang sampai Bekasi, akan berdampak terhadap peningkatan kebutuhan air baku, sedangkan kapasitas tingkat pelayanan saluran dan sumber air yang tersedia semakin menurun. Hal ini berdampak pada tidak terpenuhi permintaan kebutuhan air baku para pelanggan. Kerugian yang sangat besar juga dialami oleh pihak PJT II, dengan tidak dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan menyebabkan PJT II kehilangan kesempatan memperoleh pendapatan. Untuk itu latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah berusaha membantu mewujudkan tujuan dari masing - masing perusahaan untuk mencari langkah penyelesain pemenuhan kebutuhan air baku, dengan cara membuat peramalan kebutuhan pasokan air baku pada Saluran Tarum Barat (STB) dengan metode ARIMA (1,0,1) dan peramalan ketersediaan air baku pada STB menggunakan metode ARIMA (1,0,1). Sehingga besarnya kebutuhan air baku ke Bendung Curug dapat diketahui. Dengan mengunakan metode statistik yang tingkat akurasinya lebih tingi, metode peramalan yang lebih mendekati realisasi akan lebih efisien dalam hal permintaan air baku pada Bendung Curug, sehingga mengurangi jumlah limpasan. Kondisi ini dapat menghemat pengeluaran air pada musim hujan dan mempertahankan ketersediaan air pada musim kemarau. Dari hasil peramalan tersebut dijadikan input bagi PJT II dan pihak konsumen dalam perencanaan pasokan air baku dan pengambilan keputusan atau kebijakan manajemen dalam mengambil langkah-langkah guna memenuhi kebutuhan air baku.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-12-007
Call Number: 53/MTI/2012/002
NIM/NIDN Creators: 55309120018
Uncontrolled Keywords: Metode Time Series , ARIMA (Auto-Regressive Integrated Moving Average), dan Keseimbangan Air, Method of Time Series, ARIMA (Auto-Regressive Integrated Moving Average), and Water Balance.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 03 Jul 2018 07:29
Last Modified: 11 Jul 2022 03:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43168

Actions (login required)

View Item View Item