EVALUASI WAKTU PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR PELAT LANTAI 2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRECENDENCE DIAGRAM METHOD (PDM)

ARDIYATO, AHMAD HERLANDY (2018) EVALUASI WAKTU PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR PELAT LANTAI 2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRECENDENCE DIAGRAM METHOD (PDM). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Other (HAL OVER)
HALAMAN COVER.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FINAL.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
1. BAB I FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB II)
2. BAB II FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB III)
3. BAB III FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB IV)
4. BAB IV FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
5. BAB V FINAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pekerjaan struktur pelat lantai proyek rumah sakit hospital Universitas Indonesia menjadi faktor yang sangat penting dan menjadi salah satu komponen pekerjaan di proyek yang waktu pelaksanaannya harus sesuai schedule pelaksanaan. Keterlambatan pekerjaan struktur pelat lantai membuat tertundanya progress lapangan secara keseluruhan yang mempengaruhi jalanya pekerjaan. Pekerjaan struktur pelat lantai memiliki berbagai macam kegiatan yang harus dilalui dengan baik maka, penjadwalan pada pekerjaan struktur pelat lantai sangat penting untuk mencegah keterlambatan pekerjaan. Metode penelitian dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian langsung terhadap pelaksanaan pekerjaan dan memaparkan masalah-masalah yang sudah ada atau tampak serta kesimpulan dari hasil analisis di lapangan serta melakukan pengumpulan data yang diperoleh dari hasil survey atau inspeksi di lapangan. Dalam penelitian ini akan diuraikan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi berdasarkan hasil pengolahan serta penyajian data, analisis serta evaluasi. Tujuan dari metode penelitian ini adalah untuk mengevaluasi waktu pelaksanaan dengan menggunakan metode Precedence Diagram Method atau metode jalur kritis pada pelaksanaan pekerjaan dilapangan berdasarkan data-data yang terkumpul dari hasil survey dan inspeksi di lapangan. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan, hasil dari penelitian ini adalah mengevaluasi waktu pelaksanaan pekerjaan yang disebabkan karena terjadi keterlambatan pada saat waktu pelaksanaan dan untuk mengetahui kegiatan kritis yang berada dalam pekerjaan struktur pelat lantai 2 dengan menggunakan metode Precedence Diagram Method (PDM). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perubahan design, lamanya approval matrial, lamanya pendatangan material dan lahan yang belum siap 100% menjadi faktor penyebab keterlambatan pelaksanaan dilapangan. Dari hasil evaluasi penjadwalan ulang menggunakan metode PDM terdapat 23 pekerjaan yang dilalui oleh jalur kritis, sehingga penjadwalan ulang dengan metode Precedence Diagram Method (PDM). sisa pekerjaan struktur pelat lantai 2 dapat diselesaikan. Kata Kunci : Penyebab Keterlambatan, Precedence Diagram Method, Jalur kritis, pelaksanaan struktur pelat lantai.

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 41115120070
Uncontrolled Keywords: Penyebab Keterlambatan, Precedence Diagram Method, Jalur kritis, pelaksanaan struktur pelat lantai.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 20 Apr 2018 01:32
Last Modified: 20 Apr 2018 01:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42063

Actions (login required)

View Item View Item