KOMUNIKASI AKULTURASI BUDAYA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Akulturasi Budaya Indonesia - Malaysia di fakultas Kedokteran Ukrida, Jakarta)

KUMALASARI, DEWI (2015) KOMUNIKASI AKULTURASI BUDAYA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Akulturasi Budaya Indonesia - Malaysia di fakultas Kedokteran Ukrida, Jakarta). S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)

Abstract

Pada dasarnya penelitian ini berkonsentrasi pada bagaimana akulturasi psikologis yang dialami oleh mahasiwa malaysia ketika berusaha beradaptasi dengan mahasiswa indonesia melalui perpaduan antara bahasa indonesia dan melayu di universitas ukrida, sehingga masing-masing mahasiswa mampu memahami secara spontan untuk berinteraksi secara baik tanpa ada kesalahpahaman. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dimana peneliti mengadakan wawancara atau indept interview kepada masing-masing mahasiwa baik mahasiswa pendatang atau mahasiswa pribumi untuk mendapatkan temuan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti mampu menemukan beragam respon yang dialami oleh masing-masing mahasiswa dan mahasiswi dalam proses menyesuaikan diri dengan budaya pribumi(indonesia) dengan melalui berbagai macam strategi akulturasi yang dilakukan diantaranya melalui : adanya bentuk Asimilasi, Akomodasi, Integrasi dan Separasi. Dalam proses akulturasi ada faktor yang dialami oleh mahasiswa dan mahasiswi pendatang secara kognitif mereka telah berusaha untuk menyesuaikan diri dengan budaya indonesia melalui pendekatan dengan mahasiswa dan mahasiswi pribumi serta berteman dengan penduduk sekitar lingkungan kampus, sedangkan secara afektif mahasiwa pendatang merasakan adanya perubahan dari mulai perasaan asing terhadap budaya setempat menjadi terbiasa, walaupun mereka masih mengalami kebingungan dalam berkomunikasi, namun kendala seperti itu dapat diantisipasi dengan seringnya mereka berinteraksi dengan lingkungan setempat (kampus).

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/PCOM/2015/018
NIM: 55213110022
Uncontrolled Keywords: Akulturasi, Budaya, Indonesia, Malaysia, Aculutration,Culture, Indonesian, Malaysian
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 07 May 2018 02:42
Last Modified: 07 May 2018 02:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41975

Actions (login required)

View Item View Item