KONSTRUKSI MAKNA YOGA DALAM KOMUNIKASI TRANSDENTAL (STUDI FENOMENOLOGI HUSSERL PADA KOMUNITAS : INAN YOGA DI JAKARTA SELATAN)

ANJANIE, APREZIA (2015) KONSTRUKSI MAKNA YOGA DALAM KOMUNIKASI TRANSDENTAL (STUDI FENOMENOLOGI HUSSERL PADA KOMUNITAS : INAN YOGA DI JAKARTA SELATAN). S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
3. BAB SATU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB DUA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB 3)
5. BAB TIGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB 4)
6. BAB EMPAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
7. BAB LIMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang unik, penuh dengan misteri, dan memiliki tingkat emosional yang sangat kuat dalam berinteraksi, baik dengan alam, antara sesamanya, ataupun dengan dirinya sendiri. Komunikasi menurut Shepherd (2001) merupakan hasil dari pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain yang dirasakan secara terus menerus yang diartikan sebagai transendental. Yoga dianggap memiliki filosofi yang baik di dalam mengharmonisasi tubuh dan pikiran, teknik latihannya juga membutuhkan fokus dan relaksasi dari manusia tersebut. Yoga adalah sebuah senam atau olah gerak tubuh dengan diiringi olah pernafasan guna mencari sebuah fokus yang memiliki nuansa serta irama yang mengajarkan cara komunikasi transendental pada manusia untuk menemukan dunianya sendiri. Untuk memahami fenomena tersebut di komunitas Yoga di daerah Jakarta Selatan. Komunikasi tersebut penulis analisis dengan kajian metode fenomenologi Husserl yaitu tentang reduksi transendental berupa adanya esensi kesadaran yang disebutnya dengan intensionalitas kesadaran. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan interpretif atau subjektif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menyadari arti dari kesadaran terhadap makna dan motif individu, pelaku yoga melaksanakan sebuah disiplin kesadaran tentang fokus dan ketenangan kognitif untuk memperkecil ketidakseimbangan jiwa sehingga pada akhirnya mampu menciptakan sebuah transformasi individu dan komunikasi transfigurasi mental yang hakiki.

Item Type: Thesis (S2)
NIM: 55212120074
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Transendental, Husserl, Yoga, Transendental Communication, Husserl, Yoga
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 07 May 2018 02:40
Last Modified: 07 May 2018 02:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41968

Actions (login required)

View Item View Item