INTERPRETASI GENERASI MILENIAL ATAS PESAN TSUNAMI INFORMASI DAN SARING SEBELUM SHARING MELALUI AKUN INSTAGRAM @HARIANKOMPAS

Wiharsi, Cecilia Gandes Purbandini (2017) INTERPRETASI GENERASI MILENIAL ATAS PESAN TSUNAMI INFORMASI DAN SARING SEBELUM SHARING MELALUI AKUN INSTAGRAM @HARIANKOMPAS. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER PENGESAHAN PENGANTAR DAFTAR ISI.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRACT.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I-halaman pengesahan dll-TESIS INTERPRETASI MILENIAL-Cecilia Gandes PW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II-TESIS INTERPRETASI MILENIAL-Cecilia Gandes PW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III-TESIS INTERPRETASI MILENIAL-Cecilia Gandes PW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV-TESIS INTERPRETASI MILENIAL-Cecilia Gandes PW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V-TESIS INTERPRETASI MILENIAL-Cecilia Gandes PW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA-TESIS INTERPRETASI MILENIAL-Cecilia Gandes PW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi tidak dimungkiri lagi. Penyebaran pesan melalui media internet pun dilakukan sejumlah perusahaan, salah satunya Harian Kompas. Dengan memanfaatkan akun Instagram @hariankompas, perusahaan menyebarkan pesan video “Tsunami Informasi” dan gambar “Saring Sebelum Sharing” dalam kampanye Beri Makna. Penelitian ini melihat bagaimana pola interpretasi generasi milenial dalam memaknai “Tsunami Informasi” dan “Saring Sebelum Sharing” melalui akun Instagram @hariankompas. Subyek dalam penelitian ini adalah kelompok generasi milenial di Jabodetabek. Penelitian dilakukan pada 28 Oktober 2017 dengan 11 informan. Peneliti menggunakan metode analisis resepsi untuk menjelaskan bahwa pesan dalam media secara subjektif dikonstruksikan khalayak secara individual (Morley, 1990). Dengan pendekatan kualitatif, peneliti melakukan Focus Group Discussion (FGD) yang dilengkapi wawancara mendalam. Hasil penelitian adalah terdapat tiga posisi penerimaan informan. Posisi accepting terlihat pada informan yang menangkap pesan karena memiliki pengalaman dengan hoaks. Konten dianggap relevan. Posisi negotiated ditunjukkan pada informan yang menerima konten asalkan ada perbaikan pada kemasan, yaitu memperbaiki penulisan istilah asing dengan penulisan cetak miring. Sedangkan posisi oppostional, ditunjukkan informan yang menganggap konten tidak cocok dengan karakter Instagram. Perlu ada unsur visual, tidak didominasi dengan teks. Alhasil, setiap generasi milenial memiliki pemaknaan berbeda-beda karena dilatarbelakangi dengan pengalaman, pekerjaan, dan pengetahuan yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-004
Call Number: 52/CCOM/2017/018
NIM/NIDN Creators: 55215120035
Uncontrolled Keywords: Corporate Communication, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 18 Apr 2018 06:45
Last Modified: 21 Jun 2022 02:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41955

Actions (login required)

View Item View Item