KONTRUKSI KAMPANYE POLITIK JOKOWI DI MEDIA BARU (ANALISA FRAMING BERITA PENCALONAN JOKOWI SEBAGAI PRESIDEN)

ELIYA, ELIYA (2015) KONTRUKSI KAMPANYE POLITIK JOKOWI DI MEDIA BARU (ANALISA FRAMING BERITA PENCALONAN JOKOWI SEBAGAI PRESIDEN). S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi, memberikan pengaruh besar kepada kehidupan masyarakat, termasuk kehadiran News Media sebagai alat komunikasi dalam proses Kampanye Politik Kandidat dalam pemilihan Umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui New Media (media on line), mengkontruksi kampanye Joko Widodo sebagai calon presiden RI 2014 dalam kerangka teori komunikasi politik. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, menggunakan framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yang mengemukakan perangkat framing yang terdiri dari empat struktur yaitu, Sintaksis,Skrip, Tematik dan RetorisData diperoleh dari berita vivanews, detiksnews dan metronews yang berhubungan dengan Joko Widodo calon presiden RI 2014 pada awal dan akhir masa kampanye pemilihan presiden yaitu tanggal 4 juni dan tanggal 5 Juli 2014. Kampanye politik yang dapat dilakukan diluar waktu pelaksanaan pemilu dapat menjelma menjadi kampanye pemilu melalui penonjolan berita baik teks, gambar atau unsur lain yang ada didalam suatu berita, karena New Media dengan kemajuan teknologi dapat diakses tanpa terbatas waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masing masing media melakukan kontruksi yang berbeda terhadap kampanye Jokowi. Metrotvnews dan Detikcom memberikan kontruksi yang meningkatkan reputasi Jokowi sebagai Calon presiden Sedangkan Vivanews melakukan hal sebaliknya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/PCOM/2016/003
NIM: 55211110015
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 07 May 2018 02:36
Last Modified: 07 May 2018 02:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41939

Actions (login required)

View Item View Item