MEMBANGUN APLIKASI PERSONAL STUDY ASSISTANCE UNTUK MAHASISWA BERBASIS CHATBOT MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER

ADNAN, INES DAYANE (2018) MEMBANGUN APLIKASI PERSONAL STUDY ASSISTANCE UNTUK MAHASISWA BERBASIS CHATBOT MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB VI)
8. Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
9. Daftar Pustaka _ Lmapiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)

Abstract

Mercu Buana saat ini memiliki sistem informasi akademik(SIA) yang bisa diakses secara daring di https://sia.mercubuana.ac.id. Dari beberapa fitur yang telah ada, pengguna dapat melihat jadwal perkuliahan sehari-hari, ujian tengah semester, atau ujian akhir semester melaui SIA dengan beberapa proses yang harus dilalui. Namun, SIA berbasis website saat ini belum memberikan media yang dapat memberikan informasi kepada mahasiswa secara praktis mengenai prosedur-prosedur di kampus. Aplikasi chatbot dapat menjadi cara alternatif untuk mahasiswa dalam memberikan informasi melalui media chat. Dengan aplikasi ini, jika ingin melihat prosedur-prosedur kampus atau ingin mengetahui tagihan pembayaran cukup mengirim pesan ke program komputer yang dibuat. Chatbot atau Chatterbot adalah sebuah jenis program komputer yang dirancang untuk menstimulasikan percakapan. Dengan mengirim permintaan berupa teks atau audio dan mereka akan mengirim kembali respon spesifik berdasarkan query yang dikirim. Dari berbagai algoritma yang digunakan untuk aplikasi chatbot adalah Naïve Bayes classifier. Algoritma ini akan mencari sekumpulan kata yang sering muncul berdasarkan kunci yang di masukkan oleh pengguna kemudian dapat diambil kesimpulan maksud dari si pengguna. Dari aplikasi yang dikembangkan, pengguna yang berasal dari Mercu Buana dapat mendaftarkan akun SIA mereka ke https://meepo.id kemudian verifikasi melaui aplikasi Line menggunakan kode verifikasi yang didapat saat pendaftaran. Dengan mengirim pesan dengan kata kunci tertentu ke akun Meepo di aplikasi Line, pengguna dapat memperoleh informasi mengenai prosedur daftar sidang, prosedur daftar wisuda, dan informasi mengenai tagihan pembayaran. Kata kunci: chatbot, prosedur, tagihan, line, naïve bayes classifier, personal assistance

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 18 104
NIM/NIDN Creators: 41513010114
Uncontrolled Keywords: chatbot, prosedur, tagihan, line, naïve bayes classifier, personal assistance
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 12 Apr 2018 03:14
Last Modified: 10 Jan 2022 09:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41770

Actions (login required)

View Item View Item