MAHDALIA, ELSITA (2015) RESEPSI JURNALIS TELEVISI TERHADAP IKLAN BERTEMA POLITIK KAMPANYE CAPRES - CAWAPRES TAHUN 2014 YANG DIUNGGAH DI YOUTUBE. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (COVER)
1 Hal Cover.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang resepsi dari jurnalis televisi di rtv terhadap iklan bertema politik pada masa pilpres tahun 2014 lalu. Kedua pasang capres – cawapres menyadari arti penting media massa dalam mempersuasi calon pemilih. Jurnalis televisi adalah audiens calon pemilih yang menggunakan media massa untuk memperoleh informasi. Jurnalis televisi dapat digolongkan sebagai khalayak aktif yang melakukan negosiasi atas informasi yang diterimanya sesuai latar belakang, status sosial, budaya yang berbeda dan sebagainya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memahami realitas diteliti melalui pendekatan menyeluruh dan tidak mengukur pada bagian – bagian realitas yang menggunakan studi kasus dalam menetapkan subyek penelitian. Peneliti berusaha untuk menyelidiki seseorang atau suatu satuan sosial secara mendalam. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Melalui penelitian ini akan diketahui bagaimana resepsi jurnalis televisi terhadap iklan bertema politik ―Video Indonesia Macan- Asia – Iklan Politik Prabowo Subianto‖ dan ―Kompilasi Iklan Jokowi – JK adalah kita – Kreatif dan Penuh Makna‖ yang diunggah di youtube menurut jurnalis televisi dan bagaimana posisi jurnalis televisi sebagai penonton kedua iklan bertema politik tersebut. Reception Theory membahas tentang apa yang terjadi pada tindakan pengkonsumsian, bagaimana isi tertentu dari suatu pesan dilihat dan diinterpretasikan oleh penerima. Akhirnya, penelitian menyimpulkan bahwa pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki masing – masing khalayak menjadi faktor yang berpengaruh dalam proses memaknai sebuah teks tanpa disadari sebelumnya.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-15-095 |
NIM/NIDN Creators: | 55212120026 |
Uncontrolled Keywords: | analisa resepsi, komunikasi politik, jurnalis televisi, pilpres tahun 2014, iklan bertema politik, analysis receptions, political communications, television journalists, election 2014, political-themed ads |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 04:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 07:37 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41542 |
Actions (login required)
View Item |