REALITAS COMMUNITY RELATIONS DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI SOSIAL BINTERTAS

WIHANANTYA, AGNUS (2015) REALITAS COMMUNITY RELATIONS DALAM KEGIATAN KOMUNIKASI SOSIAL BINTERTAS. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.HAL COVER.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB II)
4.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
5.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB IV)
6.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB V)
7.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.HAL DAFTAR PUSTAKA+LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komando Kewilayahan dan satuan militer TNI AD sebagai salah satu ujung tombak TNI AD dalam melaksanakan tugas-tugas TNI khususnya dalam rangka membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan nasional untuk kepentingan pertahanan negara, salahsatunya melalui program pembinaan territorial. Oleh karena itu, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang strategi Community Relations yang digunakan oleh humas Batalyon Tempur 6 Kodam Jaya. Adapun berbagai teori yang dijadikan pedoman dalam penelitian ini lebih didominasi oleh teori mengenai Community Relations, menurut Gregory dalam bukunya Community Relations (2004:21), yang juga didukung oleh teori Public Relations dari Anne Van der Meiden dalam bukunya Public Relations een Kennismaking dan Hugo A de Roode yang berbicara tentang Strategi Humas, teori mengenai Pembinaan Teritorial dalam sistem Pertahanan Nasional, serta teori Citra dari Philip Kotler dan Frank Jefkins. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Community Relations serta langkah-langkah kegiatan komunikasi sosial yang diambil oleh humas Batalyon Tempur 6 Kodam Jaya didalam mengkomunikasikan pembinaan territorial terbatasnya yang diberikan satuan kepada masyarakat sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapat dari hasil wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Temuan dari penelitian ini menjelaskan tentang mengapa Humas Batalyon menerapkan strategi Community Relations dalam penyelenggaraan program pembinaan territorial terbatasnya yang diterapkan dalam berbagai kegiatan komunikasi social TNI AD yang terencana dan cukup berhasil dalam meningkatkan citra yang positif bagi Satuan. Hal ini diperkuat dengan data yang menyatakan bahwa para narasumber menilai kegiatan pembinaan territorial terbatas yang dilakukan oleh Humas Batalyon Tempur 6, dalam hal ini bagian staf personalia yang paling berkompenten telah mampu menciptakan pengaruh positif terhadap citra Batalyon, bersifat informatif dan menjadi sumber pengetahuan masyarakat mengenai Batalyon, serta telah mempengaruhi keputusan mereka untuk turut ikut serta berpartisipasi secara aktif dalam menjaga dan membangun citra satuan Batalyon Tempur 6 Kodam Jaya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/CMC/2015/047
Call Number: 52/CMC/2015/047
NIM: 55211120033
Uncontrolled Keywords: Community Relations, Komunikasi Sosial, Pembinaan Teritorial, Citra, Public Relations, Community Relations, Social Communications, Territorial Development, Image
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:49
Last Modified: 03 Apr 2018 02:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41531

Actions (login required)

View Item View Item