FENOMENA DRAMA QUEEN PNS PEREMPUAN (Studi Dramaturgi Peran Domestik dan Peran Publik Setjen DPD RI di Jakarta)

PARAKITRY, PRADA (2014) FENOMENA DRAMA QUEEN PNS PEREMPUAN (Studi Dramaturgi Peran Domestik dan Peran Publik Setjen DPD RI di Jakarta). S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRACK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
03. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB 2)
04. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB 3)
05. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB 4)
06. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
07. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan akan perilaku perempuan di Sekretariat Jenderal DPD, khususnya PNS Perempuan Senior DPD yang berdomisili di Jakarta, tentang Drama Queen PNS di Lingkungan Setjen DPD RI. Bagaiman PNS Perempuan DPD menjadi seorang Drama Queen dan seolah peran gandanya menjadi suatu kendala dalam memerankanya. Ada PNS yang bekerja hanya di DPD saja dan ada PNS yang mencari tambahan di luar sebagai PNS yang tujuannya untuk membantu perekonomian keluarga. Walaupun PNS Perempuan mempunyai keinginan dari dalam diri sendiri untuk bekerja tetapi ia tidak juga menutup kemungkinan ada faktor eksternal yang mempengaruhinya terhadap kehidupan sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga sekaligus seorang PNS DPD. Penelitian ini juga melihat bagaimana pola pikir seorang perempuan PNS dalam peran gandanya sebagaimana hasil wawancara mendalam tentang bagaimana peran publik dan peran domestik seorang PNS perempuan senior DPD dengan kendala-kendala yang dia hadapi dan bagaimana analisa konstruk kedua dengan paradigma konstruktivis, yaitu menganalisa peran publik dan peran domestik terhadap front stage (panggung depan) dan back stage (panggung belakang) yang terkait dengan teori fenomenologi, teori Dramaturgi, dan teori Peran, sehingga akan dapat menjelaskan fenomena sesuai dengan metode kualitatif. Dari hasil analisis itu ditemukan bahwa PNS Perempuan Senior DPD cenderung mampu memerankan peran gandanya sebagai peran domestik dan peran publik walaupun ada beberapa yang tidak berjalan baik dalam memerankan peran gandanya. Berdasarkan penelitian, meskipun suami adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas pendapatan keluarga, sebagian besar wanita cenderung menjadi peran domestik untuk memenuhi kesejahteraan keluarga. Jadi situasi ini menciptakan efek bumerang bagi dirinya. Singkatnya, penelitian ini diciptakan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang peran ganda rumah tangga di tempat kerja DPD, dengan pengharapan semua karyawan wanita yang rumah tangga di kantor Setjen DPD bisa memahami Peran deskripsi pekerjaan mereka dan tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu dalam keluarga.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/PCOM/2014/003
NIM: 55210120006
Uncontrolled Keywords: Drama Queen, PNS Perempuan DPD, Peran Domestik, Peran Publik, Drama Queen, Women PNS DPD, Domestic Role, Public Roles.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sepria Mikel
Date Deposited: 05 May 2018 08:04
Last Modified: 05 May 2018 08:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41439

Actions (login required)

View Item View Item