MISE EN SCENE VISUAL DALAM VIDEO KLIP I GOT A BOY

BUDIANTO, BOWIE (2014) MISE EN SCENE VISUAL DALAM VIDEO KLIP I GOT A BOY. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01. Cover.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02. Abstraksi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)

Abstract

“ Kita adalah tiruan, tiruan dan tiruan, semua telah menjadi baur dan logos telah dihancurkan”. –Derida- Kemajuan teknologi visual, videoklip telah berkembang sebagai teks budaya (cultural) yang memproduksi tanda-tanda visual yang pada masa sebelumnya mustahil di wujudkan. Kemampuan produksi sebuah video dalam menyampaikan pesan secara lugas, imajinatif dan relatif tanpa batasan membuatnya layak diuji serta di kaji sebagai sebuah fenomena komunikasi. Kecuali film tak banyak media komunikasi yang memeiliki kompleksitas seperti hal nya dalam video klip. Video klip dan film dapat di bicarakan dalam konteks terpisah hingga satu kesatuan. Dalam konteks terpisah di masa modern ini, videoklip kini telah berkembang menjadi entisitas sendiri dangan karakteristik yang khas dan tidak terpaku dengan film. Sedangkan sebagai suatu kesatuan, film kontemporer kini banyak mengandalkan pendekatan-pendekatan visual sebagai bagian dari komunikasi yang pada dasarnya adalah bagian utama dari sebuah videoklip yaitu mengkomunikasikan teks (lirik/lagu) melalui media visual. Video klip I Got A Boy adalah videoklip yang dari grup Girls Generation yang berhasil memenangkan Video Of The Year Youtube pada tahun 2013. Video klip ini menampilkan gaya visual kontemporer popular yang di wujudkan dengan penggunaan warna-warna cerah dan kontras dan metode mise-en-scene yang lugas dalam mengkomunikasikan teks visualnya. Visualisasi ini sekilas menyiratkan sebuah toko permen yang penuh dengan aneka warna dan nuansa manis serta ceria di dalam nya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma kritis, penelitian ini dimmaksudkan untuk mengungkap makna di balik tanda-tanda visual secara mise-en-scene yang terdapat dalam video klip I Got A Boy. Penelitian ini selanjutnya bekerja untuk menemukan fantasi dan ideology yang terdapat dalam videoklip tersebut dengan menggunakan metode psikoanalisis Jaques Lacan. Dari hasil pembokaran makna atas tanda-tanda mise-en-scene, ditemukan bahwa setidaknya dua Fantasi yang yaitu Fantasi Imajiner dan Fantasi Simbolik, penelitian ini mengungkap ideology yang menggerakan intelektualitas tertentu."We are artificial, imitation and artificial, all have become diffuse and logos have been destroyed" . - Derida - Advancement of visual technology, video clips has grown as cultural texts which produces visual signs in the past embodied impossible. A video production capabilities to deliver the message in a straightforward, imaginative and relatively without restriction in making viable tested and examined as a phenomenon of communication. Unless the film is not a lot of media communication has its complexities such things in the video clip. Video clips and films can be discussed in a separate context to a single unit. In a separate context in modern times, has now developed into a video clip enticitazation own distinctive characteristics and are not glued to the movie. While as a whole, is now a lot of contemporary films rely on visual approaches as part of the communication is basically the main part of a video clip that communicate the text ( lyrics / song ) through a visual medium. Video clips I Got A Boy is the video clip of the group Girl’s Generation succeeded in winning YouTube Video Of The Year in 2013. Video clip showing the popular contemporary visual style embodied by the use of bright colors and contrasts and methods of mise-en-scene is straightforward in communicating visual text. This visualization glance implies as candy shop filled with a variety of colors and shades in a sweet and cheerful in her. By using a qualitative approach and the critical paradigm, this study aimed to uncover the meaning behind the visual signs of mise-en-scene featured in the video clip I Got A Boy. This study further work to locate fantasy and ideology contained in the video clip using Jaques Lacan's psychoanalysis. The result of the demolition of the meaning of the signs of the mise - en - scene , it was found that at least two that are Imaginary Fantasy and Symbolic Fantasy, this research reveal that drive the ideology of a particular intellectual.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-14-068
Call Number: 52/MIB/2014/001
NIM/NIDN Creators: 55211110036
Uncontrolled Keywords: Media Industri dan Bisnis;MEDIA;
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:08
Last Modified: 08 Jul 2022 03:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41416

Actions (login required)

View Item View Item